Career

Baru Memulai Karier, Perhatikan Tip Ini!

  by: Redaksi       29/10/2013
  • Mengingat ini adalah pengalaman pertama Anda, jadi sebelum jauh memasuki dunia pekerjaan yang sesungguhnya ada baiknya Anda bersiap. Lewat artikel ini, dengan senang hati Cosmo akan tunjukkan caranya.

    Negosiasikan Gaji
    Lihat dan pertimbangkan kembali dengan baik tawaran gaji yang diberikan oleh perusahaan. Jangan sampai Anda melewatkan begitu saja keuntungan yang sebenarnya bisa Anda dapatkan. Beberapa wanita biasanya takut untuk menegosiasikan besarnya gaji dan menerima begitu saja. Jika memang perusahaan Anda tidak bisa memberi penawaran gaji pokok seperti yang Anda inginkan, coba lihat keseluruhan “paket”. Anda bisa meminta tambahan seperti signing bonus, liburan gratis, atau pembagian keuntungan yang perusahaan dapat setelah proyek yang Anda tangani sukses.

    Jangan Ragu Bicara
    Dalam pikiran Anda, “Jika saya melakukan semua pekerjaan dengan baik, pasti semua rekan kerja dan bos akan sadar.” Jangan membuat asumsi sendiri, dear. Perusahaan mempekerjakan Anda pastinya setelah mempertimbangkan segala kemampuan Anda. Hanya saja, karena Anda lebih memilih berdiam diri, semuanya tak pernah diketahui. Ambil langkah untuk menunjukkan semua hasil kerja Anda. Tak perlu menjadi orang yang menyebalkan dengan memamerkan apa yang Anda kerjakan. Mulai saja dengan obrolan ringan perihal pekerjaan Anda dan hal-hal apa saja yang telah Anda capai.



    Cara Terima Pujian
    Waktu rekan kantor melihat dress yang Anda pakai terlihat bagus atau proyek berjalan lancar, mungkin tak jarang mereka akan memberikan pujian. Lalu bagaimana cara Anda memberi respon atas pujian itu? Kalau Anda berujar, “Ini baju lama, kok, saya membelinya saat ada diskon.” atau “Terima kasih, ini semua berkat kerja keras seluruh tim.” Sebenarnya tidak ada masalah dengan jawaban itu, tapi tahukah Anda kalau jawaban itu justru malah akan memberi kesan bahwa semua dikerjakan oleh tim dan mengurangi penilaian untuk Anda. Sederhana saja, ucapkan “Terima kasih” tanpa perlu basa-basi.



    Buat Batasan Tegas
    Hampir semua wanita memiliki kecenderungan untuk tidak bisa menolak saat dimintai bantuan, karena rasa iba dan ingin menolong. Hasilnya, Anda akan terjebak bertahan di kantor untuk membantu rekan kerja dan kehilangan kesempatan untuk pulang cepat atau berkumpul dengan the girls. Pahamilah, bahwa tak selamanya Anda bisa mengorbankan semua tenaga dan waktu. Buatlah batasan, ketahui prioritas pribadi, dengan begitu tak ada lagi deh yang namanya jasa lembur yang sebenarnya untuk orang lain. (Muhtar Rais/IR/Image: iStock/Thinkstock)