Career

5 Manfaat Kegagalan Ketika Berbisnis / Berkarier

  by: Redaksi       1/10/2014
  • Gagal dalam melakukan sesuatu bukanlah akhir dari segalanya. Terutama saat Anda merasakan kegagalan ketika berkarier atau berbisnis. Tapi tahukah Anda jika kegagalan tersebut dapat memicu manfaat baik setelahnya? Yes dear, there’s always a rainbow after the storm.

    1. Menemukan Kemampuan Baru

    Ketika kegagalan terjadi pada bisnis atau karier, Anda akan sadar bahwa dalam prosesnya Anda tengah mengasah berbagai hal yang mungkin tidak pernah Anda kira sebelumnya. Contohnya di saat Anda berhadapan dengan deadline, Anda bisa mengetik hanya dalam waktu 20 menit saja dari yang sebelumnya 1 jam.



    2. Memahami Kekurangan Diri

    Nah, saat Anda sudah menemukan kemampuan baru, Anda juga akan sadar akan kualitas bekerja. Misalnya, ternyata Anda sering menunda pekerjaan atau kurangnya pengelolaan manajemen waktu. Setelah mengalami kegagalan, Anda akan dapat mengakui kesalahan dan memahami kekurangan diri.

    3. Berkurangnya Gengsi

    Sadar atas segala kekurangan dapat mengurangi gengsi dan sifat arogan. Apabila sebelumnya Anda ingin mengerjakan segala sesuatu sendiri karena merasa mampu, setelah gagal Anda mulai sadar pentingnya peran orang lain dalam pekerjaan.

    4. Lebih Percaya Diri



    Setelah mengetahui kesalahan dari pekerjaan sebelumnya, Anda akan belajar untuk tidak mengulangi kesalah yang sama sehingga kepercayaan diri akan meningkat. Faktanya, seseorang yang bangkit dari kegagalan justru dapat jauh lebih sukses daripada orang yang tidak pernah merasakan gagal, lho.

    5. Menghargai Kesuksesan

    Karena Anda sudah pernah merasa gagal, sukses yang dirasakan setelahnya pun akan terasa begtitu berharga. Nantinya Anda akan berpikir bahwa pengorbanan dan kesulitan yang Anda lewati tidak akan sia-sia. Dengan demikian, Anda akan ekstra hati-hati dalam menjaga kesuksesan tersebut. (Aulia Meidiska / VP / Image: Thinkstock)