Career

Awas, Banyak Kerja Bisa Buat Anda Terserang Penyakit!

  by: Adya Azka       1/10/2014
  • Bekerja selama delapan jam sehari bahkan lebih di kantor, ternyata bisa membuat Anda terserang penyakit. Dan inilah empat penyakit yang paling sering menjangkit para pekerja yang terlampau “rajin”.

    Nyeri Punggung
    Coba cek apakah posisi duduk Anda sudah benar. Terlalu lama duduk dengan posisi yang salah bisa membuat Anda terserang nyeri punggung. Sebaiknya saat di depan komputer Anda duduk tegak dan bersandarlah. Turunkan tinggi kursi sehingga level mata sejajar dengan layar. Posisi lutut haruslah lebih rendah di bawah pinggul dan pinggang. Terakhir, pastikan kaki Anda menapak pada lantai atau kaki meja.

    Mag
    Mag nampaknya menjadi penyakit paling umum yang dialami oleh para pekerja. Naiknya asam lambung ternyata tidak melulu karena Anda telat makan lho. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan asam juga bisa membuat mag Anda kambuh. Selain itu, stres dan kurang istirahat juga bisa menjadi salah satu pemicunya.



    Mata Lelah
    Gejala mata lelah ini biasanya ditandai dengan mata yang terasa berat, gatal, berair, bahkan hingga sakit kepala. Sebaiknya saat bekerja di depan layar komputer, biasakan setiap 30 menit untuk menutup mata atau mengalihkan pandangan ke arah lain. Jika memang gejala mata lelah sudah terasa, untuk pertolongan pertama Anda bisa mengompresnya dengan kain yang sudah dibasahi.



    Gangguan Persendian
    Anda mungkin pernah merasa pundak kaku, siku nyeri, pergelangan tangan pegal, atau jari-jari terasa kesemutan. Ini bisa jadi gejala upper extremity disorder (UED) atau gangguan bagian luar tubuh. Hal ini biasanya dikarenakan kegiatan yang dilakukan berulang. Posisi komputer yang tidak berubah dan kursi kerja yang kurang nyaman bisa jadi salah satu penyebab awalnya. Untuk meminimalisir penyakit ini, sebaiknya Anda sering melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)