Better You

3 Trik Hadapi Rasa Takut dan Cemas

  by: Redaksi       1/10/2014
  • Saat rasa takut, cemas, dan perasaan tak nyaman menghinggapi diri, biasanya ini berpengaruh juga pada tubuh Anda. Apa saja yang terjadi dengan tubuh saat semua perasaan itu melanda? Cosmo berikan penjelasannya plus trik singkat untuk mengatasinya.

    Tangan Gemetar dan Berkeringat
    Mungkin Anda pernah mengalami, tiba-tiba saja tangan gemetar dan berkeringat karena harus bertemu dengan jajaran direktur penting di kantor. Nah, lain waktu Anda bertemu langsung dengan mereka, coba ke toilet. Lalu aliri kedua pergelangan tangan Anda dengan air dingin selama 10 detik. Cara ini akan membuat Anda tetap tenang selama beberapa jam berikutnya.

    Wajah Memerah
    Untung saja Anda tak meledak pada si dia karena marah dan kesal. Tapi efeknya pada tubuh, terutama wajah Anda, akan terlihat memerah karena perasaan marah tersebut. Well, lupakan dulu si dia, dan buka lemari es Anda lalu kudaplah beberapa sendok es krim. Glycerin yang banyak terkandung dalam es krim akan membantu Anda menurunkan kemarahan dan perlahan emosi Anda akan stabil.





    Sulit Bernapas
    Saat merasa dalam ancaman, insting Anda akan membuat tubuh kaku. Itulah yang menjadi salah satu penyebab Anda kerap merasa sulit untuk bernapas karena tekanan emosi yang mulai terasa. So, perlahan ambil napas dalam untuk membantu Anda relaks. Lakukan beberapa kali hitungan hingga pernapasan Anda kembali stabil. (Muhtar Rais/SW/Image: iStock/Thinkstock)