Better You

Cara Tepat Pilih Pembalut

  by: Adya Azka       2/10/2014
  • Saat ini begitu banyak pilihan pembalut yang bisa menjadi “sahabat” Anda saat sedang berada di zona merah. Tapi, mana yang paling tepat untuk digunakan? Begini cara memilihnya.

    Bentuk
    Bersayap ataupun tidak sebenarnya sah-sah saja selama Anda merasa nyaman. Tapi, jika aktivitas Anda cukup padat, sebaiknya pilih pembalut bersayap. Tujuannya agar pembalut tetap aman berada di tempatnya.

    Ketebalan
    Ketebalan pembalut sebaiknya disesuaikan dengan volume darah yang keluar. Misalnya saat hari-hari pertama haid, pembalut yang lebih tebal bisa menjadi pilihan. Tapi saat hari-hari terakhir haid dan saat volume darah yang keluar tidak banyak Anda bisa menggantinya dengan pembalut yang tipis atau bahkan pantyliner. Sebaiknya Anda juga memilih pembalut yang memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap darah haid agar daerah di bawah sana tetap terjaga kelembapannya.



    Tekstur
    Saat memilih pembalut yang akan digunakan jangan lupa untuk merasakan teksturnya. Miss Cheerful yang sensitif memang harus dirawat dengan baik. Pilihlah permukaan pembalut yang lembut dan sebaiknya tidak beraroma. Permukaan yang kasar dan aroma yang tidak cocok dengan organ intim Anda bisa membuatnya iritasi. Biasanya gejala yang akan dirasakan adalah organ intim terasa panas dan rasa gatal yang tak kunjung hilang.



    Penggunaan
    Gantilah pembalut setiap Anda selesai buang air kecil untuk menghindari infeksi. Penggunaan pembalut juga disarankan maksimal enam jam. Namun saat di awal masa menstruasi sebaiknya Anda mengganti pembalut lebih dari dua kali dalam satu hari. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)