Better You

5 Hal Pengganggu Siklus Menstruasi

  by: Redaksi       3/10/2014
  • Tiba-tiba periode menstruasi Anda berubah? Dr. Veronica Lerner, asisten profesor bagian obstetrik dan ginekologi dari NYU Langone Medical Center mengungkap beberapa penyebabnya sebagai berikut. Take a note, ladies!

    1. Olahraga Ketat

    Olahraga ketat yang berpadu dengan penurunan berat badan signifikan menyebabkan stres pada tubuh. Otak Anda akan memberikan tanda pada tubuh untuk berhenti memproduksi hormon reproduktif. Akibatnya, saat Anda terus mempertahankan kegiatan tersebut, Anda dapat terserang penyakit yang lebih berbahaya yaitu amenorrhea, penyakit pengeroposan kepadatan tulang.



    2. Naik-Turun Berat Badan Drastis

    Ketika kelebihan berat badan, Anda dapat mengalami menstruasi berkepanjangan akibat meningkatknya hormon estrogen dan membuat ovarium berhenti mengeluarkan sel telur. Lapisan endometrium pun menjadi menebal dan memicu menstruasi yang lebih lama dari seharusnya. Sebaliknya, ketika Anda mengalami penurunan berat badan, produksi estrogen akan berkurang sehingga masa datang bulan akan terlambat dari yang seharusnya.

    3. Stres



    Menstruasi yang sangat berhubungan dengan hormon tentunya berkaitan erat juga dengan suasana hati atau fungsi otak. Oleh karena itu, banyaknya pikiran atau stres berlebihan dapat mengganggu kelancaran hormon dan mengganggu siklus menstruasi Anda.

    4. Kurang Tidur

    Apabila Anda terbiasa tidur 8 jam sehari lalu tiba-tiba berkurang 2-3 jam terus menerus dalam kurun waktu tertentu, kerja hormon reproduktif yang mempengaruhi ovulasi dan menstruasi akan terganggu. Mengapa? Karena tingkat melatonin Anda akan melemah dan membuat siklus datang bulan berubah-ubah tidak selalu sama.

    5. Sering Bepergian Ke Zona Waktu Berbeda

    Otak Anda yang memiliki hormon melatonin akan memberikan sinyal pada tubuh untuk tertidur namun ketika Anda bepergian ke tempat yang berbeda zona waktu, tubuh Anda akan melepaskan hormon tersebut seperti tetap dalam zona waktu tempat Anda tinggal. Inilah yang membuat waktu tidur Anda menjadi kacau dan sekaligus mengubah siklus bulanan Anda. Tetapi, ladies, hal ini tidak akan berpengaruh jika frekuensi bepergian Anda tidak terlalu sering.  (Aulia Meidiska / VP / Image: Thinkstock)