Lifestyle

Sudah Canggih, Ramah Lingkungan Juga!

  by: RedaksiCosmopolitan       9/10/2014
  • Setelah melalui penjurian dan bersaing dengan 309 artikel dan foto dari Ibu Cerdas Attack, akhirnya terpilih 2 orang pemenang ‘Dahsyat! Ibu Cerdas ke Jepang' yang diadakan oleh Attack pada periode April - Juni 2014 silam. Kedua pemenang yang berhasil mendapatkan kesempatan mengunjungi pabrik Attack dan Kao Eco-Lab Museum yang berteknologi tinggi tersebut adalah Diana Puspitasari dan  Vincensia Naibaho. Masing-masing pemenang berhak mengajak satu orang temannya untuk ikut berangkat ke Jepang.

    Selama tiga hari, Ibu Cerdas Attack ini mengunjungi berbagai tempat menarik di Jepang. Pada hari pertama mereka mengunjungi Umeda Sky Building, Abeno Harukas, Osaka Castle dan menikmati hidangan khas Jepang Kaiseki set di gedung Abeno Harukas. Di hari kedua inilah, para rombongan mengunjungi pabrik Attack dan Kao Eco-Lab Museum yang berteknologi tinggi di kota Wakayama. Setibanya di pabrik Attack, mereka disambut oleh pihak Kao Jepang yang menggunakan baju batik dalam rangka menghargai tamu dan kebudayaan dari Indonesia. Sungguh bangga menjadi orang Indonesia.

    Di sini para pemenang dijelaskan mengenai perusaahaan Kao dan produk-produknya yang berkualitas melalui presentasi dan produk demo. Berdasarkan hasil riset, Attack memiliki kekuatan 4 kali lebih besar dibandingkan dengan detergen konvensional lainnya, karena kepadatan partikel Attack inilah yang menjadikan produk Attack hemat namun tetap memiliki kekuatan membersihkan yang dahsyat. Selanjutnya para pemenang memasuki pabrik Attack untuk melihat bagaimana produk Attack dibuat. Di sini tampak jelas bahwa Kao menggunaan mesin-mesin berteknologi tinggi dengan kendali otomatis. Dari setiap proses (filling, packing, checking) pengontrolan dilakukan oleh komputer pendikteksi, sehingga efektifitas dan efisiensi produksi sangat terjaga dengan baik.



    Kao sangat memperhatikan pemilihan bahan, proses pembuatan, sampai dengan pembuangan sampah. Oleh karena itu Kao menerapkan ‘eco together’, yaitu memakai sudut pandang ecology-concious dalam mengembangkan produk mereka. Selain melihat bagaimana memproduksi Attack, para pemenang ini juga diajak untuk mengunjungi  Kao Eco-Lab Museum untuk memahami dan memiliki kesadaran atas ancaman yang sedang terjadi pada bumi tercinta kita melalui tiga tema, yaitu “Water-essential to our survival and everyday life”’, “Biodiversity”, dan “Global warming continues”.

    Bagian pertama dari Kao Eco-Lab Museum adalah mengenai penjelasan terhadap apa yang sedang terjadi di lingkungan kita saat ini. Pada bagian Kao Eco-Lab Museum selanjutnya, para pemenang ditunjukan bagaimana kekuatan ilmu pengetahuan dalam menciptakan produk-produk rumah tangga yang eco-friendly namun tetap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Di sini mereka mengetahui bahwa bahan dasar dari pembuatan sabun dan detergen adalah minyak kelapa dan minyak kelapa sawit.




    Selanjutnya saatnya melihat proses pembuatan produk, di sini mereka dapat ikut berinteraksi melalui gadget yang sudah disediakan untuk dapat memahami bahwa dalam memproduksi produknya, Kao meminimalisasi penggunaan air, energi, dan material, serta menggunakan kembali dan mengurangi jumlah limbah. Diperlihatkan juga bagaimana teknologi Kao dapat memproduksi limbah air yang aman, dimana limbah air dari sisa produksi Kao tetap bisa menjadi habitat tempat tinggal biota air seperti ikan dan tumbuhan air.

    Pada akhir bagian Kao Eco-Lab Museum, para pemenang diedukasi mengenai pemilihan kemasan produk. Mereka diajak untuk menggunakan produk refill untuk mengurangi sampah sampai dengan 40 kali lipat lebih sedikit. Perjalanan di Kao Eco-Lab Mueseum diakhiri dengan melewati gedung riset GreenHouse Plant Biomass, yang menunjukan riset yang dilakukan dalam mengembangkan tanaman-tanaman bahan dasar produk sabun dan detergen.

    Sebelum kembali ke kota Osaka, para pemenang tak lupa mampir ke Wakayama Flea Market. Menjelang malam mereka meluangkan waktu untuk membeli cindera mata di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di kota Osaka, yaitu kawasan Shinsaibashi. Dan perjalanan ke Osaka dan Wakayama- Jepang berakhir keesokan harinya. Tentu saja pengalaman mengunjungi pabrik Attack yang tinggi akan teknologi namun ramah lingkungan dapat memberikan inspirasi untuk para pemenang untuk terus menjaga kelestarian alam di tengah zaman yang semakin maju.