Better You

5 Alasan Anda Sering Lelah

  by: Redaksi       9/10/2014
  • Tidak bersemangat ke kantor karena sering merasa cepat lelah memang akan menghambat kegiatan sehari-hari. Tahukah Anda apa penyebabnya? Doug Cook, pakar nutrisi di Rumah Sakit St. Michael Toronto, memaparkan alasannya:

    1. Tidak (atau Jarang) Olahraga

    Berolahraga membuat Anda memproduksi segala macam biokimia yang menghilangkan rasa lelah dan membantu Anda mengurangi keinginan untuk sering beristirahat. Jadi, semakin banyak energi yang Anda berikan ke dalam tubuh, semakin banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan.



    2. Waktu Tidur Tidak Teratur

    Rasa kantuk dan rasa lelah tidaklah sama. Rasa lelah didapatkan dari kekurangan energi. Oleh sebab itu jika Anda menerapkan waktu tidur yang tidak teratur baik kurang atau kelebihan tidur dapat membuat Anda merasa cepat lelah.

    3. Kelebihan Berat Badan

    Kelebihan berat badan dapat menyebabkan penyakit sleep apnea yaitu penyakit gangguan tidur. Penyakit ini mempengaruhi pernapasan Anda menjadi tidak teratur juga dapat mengakibatkan gangguan jantung. Inilah yang dapat mengurangi energi dan memaksa Anda untuk sering istirahat karena lelah.



    4. Terlalu Banyak Minum Kopi

    Seperti yang kita tahu, minum kopi dapat menunda rasa kantuk karena kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Maka dari itu, saat Anda banyak mengonsumsi kopi, waktu tidur di malam hari akan terganggu.

    5. Depresi

    Depresi dapat mempengaruhi pola makan yang tidak teratur juga meningkatkan rasa khawatir berlebih. Hal ini nantinya akan mengakibatkan turunnya berat badan yang mengurangi energi tubuh Anda. Nah, maka dari itu saat Anda terserang depresi, Anda akan cepat lelah karena energi yang hilang tersebut. (Aulia Meidiska / VP / Image: Thinkstock)