Fashion

Fashion Tendance 2015: Apresiasi Kekayaan Indonesia Melalui Fashion

  by: Adya Azka       10/10/2014
  • Tidak kurang dari 14 perancang busana asal Jawa Barat yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia atau yang lebih dikenal dengan APPMI, memamerkan hasil rancangan inovatif-kreatif dalam pagelaran Fashion Tendance 2015: Estructura, yang bertempat di Hotel Hilton Bandung, beberapa waktu lalu.

    Acara tahunan APPMI yang digelar untuk mempresentasikan kecenderungan tren tahun mendatang tersebut layak mendapat apresiasi karena selain bertujuan menginspirasi anak bangsa agar berani berkarya dan berekspresi lewat fashion, acara ini juga bertujuan menjadikan kota Bandung sebagai kota mode yang kreatif dibidang fashion yang selalu memperbaharui tren mode setiap tahunnya.

    Dengan memadukan kekayaan budaya Indonesia, para desainer tersebut berhasil menyuguhkan karya yang modern dengan sentuhan tradisional yang begitu terasa. Inez Kanthouri, menggunakan kain-kain tradisional dengan motif etnik suku Dayak, menghasilkan busana ready-to-wear dengan potongan simpel namun tetap chic dengan perpaduan warna yang sempurna. Sedangkan Ellen Erliana berhasil memadukan kain tenun asal Garut yang diubah menjadi lebih modern dan minimalis.



    Hasil rancangan Malik Moestaram pun tak kalah memukau. Setelah memamerkan rancangan busana Muslimnya yang indah, rancangan busana konvensionalnya pun sama menarik. Dengan mengusung konsep “Semideus”, Malik menghadirkan keindahan alam dan pesona tanah Papua, seperti burung cendrawasih, Raja Ampat, dan keelokan honai, rumah tradisional Papua yang dipadukan dengan aksen material secara detil, menambah sensasi eksotis koleksi ini.



    Selain menampilkan busana konvensional, Fashion Tendance 2015 juga menampilkan beberapa rancangan busana Muslim yang tak kalah kreatif. Seperti rancangan Irna Mutiara dan Aam Laurisha, yang membawa hijab ke tingkat yang modern dan stylish namun tetap menunjukkan sisi kelembutan wanita melalui perpaduan warna-warna keemasan dan pastel yang memberi kesan anggun dan elegan. (Natalya Wijaya/TA/Image: doc. Cosmopolitan)