Better You

Cara Simpel untuk Cek Kesehatan Sendiri

  by: Redaksi       13/10/2014
  • Anda mungkin sudah tidak asing dengan pemeriksaan rutin payudara yang bisa dilakukan sendiri. Selain payudara, sebenarnya ada beberapa pemeriksaan kesehatan lain yang bisa Anda lakukan di rumah lho. Seperti empat hal berikut ini.

    Siklus Menstruasi
    Cobalah untuk mulai mendata jadwal tamu bulanan Anda. Mengetahui siklus menstruasi akan membuat Anda lebih mudah untuk mendeteksi keanehan yang terjadi pada daerah vagina – entah itu siklus menstruasi Anda terlalu pendek, panjang, atau malah tidak beraturan sama sekali. Ingat, bahaya kanker serviks bisa mengancam setiap wanita. Kanker serviks bisa sangat invasif dan menyerang jaringan di dekatnya. Seorang wanita yang terkena kanker serviks biasanya mengalami pendarahan vagina. Jika Anda menemukan gejala aneh pada alat kelamin Anda, segera buat janji dengan ginekolog Anda agar pengobatan bisa dilakukan segera.

    Pemeriksaan Kuku
    Kuku Anda bisa menjadi alat pendeteksi penyakit lho, salah satunya adalah tanda-tanda kanker kulit yang juga dapat berkembang di bagian kuku. Jika Anda menemukan tanda seperti kuku yang menguning, cokelat, atau hitam garis, berarti ada kerusakan sel dalam tubuh. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang pasti, segera hubungi dokter pribadi Anda.



    Pemeriksaan Ketiak
    Kulit dapat menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan seseorang, termasuk bagian ketiak. Kulit ketiak gelap dan terasa berat? Ini bisa jadi gejala diabetes. Kelebihan insulin dalam aliran darah dapat menyebabkan sel kulit tumbuh tidak normal. Hal ini dapat membuat kulit di bawah lengan Anda terasa lebih tebal dan lebih gelap. Cobalah untuk melakukan tes darah untuk menentukan apakah Anda memang menderita diabetes atau tidak



    Pemeriksaan Kelopak Mata
    Apakah Anda melihat benjolan putih kecil di sekitar mata? Ini bisa menjadi tumpukan kecil kolesterol di bawah kulit Anda. Walaupun terdengar sederhana, jika Anda tidak menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini bisa jadi awal penyakit jantung. Yang pasti, segera periksa kolesterol Anda dan mintalah dokter untuk mengatur pola hidup dan menu makanan Anda untuk sementara waktu. (Adhia Azka/VP/Image: Thinkstock)