Better You

5 Trik untuk Mengontrol Amarah

  by: Redaksi       13/10/2014
  • Rasa marah yang terpendam bisa menyebabkan Anda stres lho. Padahal sebenarnya ada trik untuk mengontrol rasa amarah, misalnya dengan lima trik berikut ini.

    Jujur pada Diri Sendiri
    Kadang kemarahan datang karena Anda tidak mengatakan secara langsung apa yang Anda inginkan dan harapkan. Oleh karena itu, cobalah jujur mengatakan yang Anda inginkan. Jika memang yang didapatkan masih kurang sesuai, cobalah untuk lebih menerimanya secara lapang dada. Cara ini  bisa menghindari Anda dari emosi yang tidak perlu.

    Relaksasi
    Jika Anda menghadapi situasi yang membuat Anda marah, segeralah menenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, atau minum segelas air. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan lagu favorit yang menenangkan dan beat-nya tidak terlalu kencang.



    Alihkan Perhatian
    Jika Anda sudah merasa terlalu marah dan tidak bisa berpikir jernih, coba untuk berjalan-jalan atau bertemu the girls untuk berbagi cerita. Anda juga bisa mengklik Youtube dan menonton video-video lucu yang bisa membuat Anda tertawa.

    Menulis
    Menulis bisa menjadi cara mudah untuk meredakan kemarahan Anda, terutama bila Anda tidak memiliki teman yang cukup bisa dipercaya untuk berbagi cerita. Tapi yang harus diperhatikan, sebaiknya Anda menggunakan buku diary khusus dan jangan mengumbar kemarahan Anda melalui akun media sosial. Anda tentu tidak ingin terjebak dalam masalah yang baru, kan?



    Manjakan Diri Sendiri
    Memanjakan diri sesaat juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk meredakan kemarahan. Coba kunjungi salon langganan dan mulailah untuk melakukan perawatan tubuh. Spa atau creambath mungkin bisa jadi pilihan. Pijatan yang diberikan terapis akan memberikan efek ketenangan dan melancarkan peredaran darah Anda. (Adhia Azka/VP/Image: Thinkstock)