Better You

5 Alasan Anda Harus Konsumsi Avokad

  by: Redaksi       14/10/2014
  • Bayangkan Anda sedang meminum segelas jus avokad di siang hari. Segar, kan? Tapi tahukah Anda, ternyata buah ini juga memiliki manfaat cukup banyak bagi tubuh!

    1. Membantu Mengontrol Berat Badan

    Sebuah penelitian dari Nutrition Journal mengatakan bahwa dengan mengonsumsi setengah dari buah avokad saat makan siang dapat membuat Anda cepat kenyang. Hal ini tentu dapat mengontrol nafsu makan sehingga berat badan pun lebih terjaga. Anda tidak harus selalu menjadikannya jus, lho. Masukkan saja potongan avokad ke dalam sup atau salad sebagai pilihan sajian.



    2. Menjaga Kesehatan

    Dalam buah avokad terkandung vitamin, mineral, dan juga lemak yang dibutuhkan tubuh. Centers for Disease Control and Prevention telah membuktikan bahwa orang yang memakan setengah avokad setiap hari memiliki tubuh yang lebih sehat daripada yang tidak mengonsumsi. Berat badan mereka lebih seimbang dan memiliki kadar kolesterol rendah.

    3. Menutrisi Kulit

    Lemak tak jenuh yang terkandung dalam avokad dapat menutrisi kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, kandungan lutein-nya juga dapat membantu menyehatkan mata Anda.



    4. Menurunkan Tekanan Darah

    Kandungan potasium dalam setengah buah avokad cukup tinggi, yaitu 487 miligram. Angka ini lebih banyak dari buah pisang yang disebut-sebut memiliki potasium terbanyak. Oleh sebab itu, jika Anda sering mengalami tekanan darah tinggi, avokad sangat baik untuk menurunkannya.

    5. Membantu Cegah Cedera Ringan

    Riset yang dilakukan Universitas Buffalo menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan diet dengan mengonsumsi lemak tak jenuh dapat berpotensi terkena cedera ringan karena gangguan otot lebih sering daripada yang tidak. Nah, avokad dapat membantu Anda untuk menghindari cedera tersebut karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup banyak. (Aulia Meidiska / VP / Image: Thinkstock)