Better You

4 Penyebab Urine Berbau Tajam

  by: Redaksi       19/10/2014
  • Mencium bau tajam saat buang air kecil? Well honey, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk Anda mempelajari semua penyebabnya agar segera cepat mengatasinya!

    Dehidrasi
    Kurang minum dan dehidrasi adalah penyebab paling umum urine yang Anda keluarkan berbau menyengat. Air berperan sangat penting untuk menjalankan fungsi tubuh yang normal. Itulah sebabnya bila Anda sedang menjalani program olahraga rutin atau dalam pekerjaan fisik yang berat, sebaiknya asupan minum diperhatikan. Bila tubuh dehidrasi, akibatnya cairan urine akan berwarna lebih pekat dan memiliki aroma yang tajam.

    Kopi dan Minuman Bersoda
    Kedua jenis minuman ini sebenarnya tak memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Sebaliknya, jenis minuman ini justru akan menarik air keluar dari sistem tubuh Anda. Sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi kedua jenis minuman ini. Bila Anda ingin alternatif lain selain air putih, coba konsumsi jus buah atau sayuran yang tentunya lebih sehat untuk tubuh.



    Makanan Berbau Menyengat
    Mengonsumsi makanan yang berbau menyengat seperti bawang putih, bawang merah, ikan, petai, jengkol, dan asparagus bisa menjadi biang keladinya. Sebab selama proses pencernaan makanan tersebut, sisa-sisa pembuangan yang tubuh Anda keluarkan juga akan tercium bau tajam. Kondisi ini tidak akan berhenti hingga proses pencernaan makanan tersebut selesai di dalam tubuh Anda.



    Vitamin dan Obat-obatan
    Mengonsumsi vitamin atau obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab urine tercium sangat tajam. Jadi bila Anda dalam kondisi kurang sehat dan harus mengonsumsi obat-obatan, jangan terlalu heran bila urine Anda berbau tajam. Namun bila Anda memang hanya sekadar membutuhkan asupan vitamin, saran Cosmo Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah-buahan atau sayuran. (Muhtar Rais/SW/Image: Photodisc/Thinkstock)