Lifestyle

5 Kuliner Indonesia yang Mendunia

  by: RedaksiCosmopolitan       18/10/2014
  • Indonesia memiliki kuliner yang begitu kaya. Tapi, selain terkenal di seluruh Nusantara, beberapa makanan khas Indonesia ini ternyata juga sudah mendunia lho. Bahkan banyak turis yang ketagihan untuk kembali mencicipi lima makanan khas Nusantara berikut ini.
     
    Rendang
    Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Salah satu kuliner khas Indonesia dari Ranah Minang ini telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Olahan daging sapi yang diberi beragam rempah-rempah dan bercita rasa pedas ini tak hanya diminati oleh kebanyakan lidah orang Indonesia, tapi juga oleh turis mancanegara. Jika Anda kini bisa menemui rendang di banyak rumah makan khas Minang, dulu makanan ini menjadi menu istimewa saat hari raya Idul Fitri.
     
    Sate
    Selain rendang, kuliner Indonesia yang kini sudah semakin mendunia adalah sate. Beragam jenis sate, cara mengolah, serta bumbu yang berbeda-beda membuat makanan yang satu ini semakin unik. Tidak hanya sate sapi atau sate ayam yang berasal dari Madura saja, kini sate lilit Bali dan sate kelinci pun sudah semakin banyak diminati.
     
    Soto
    Makanan berkuah ini biasanya disantap saat waktu makan siang tiba. Kuahnya yang gurih, ditambah lagi dengan perasan jeruk nipis akan membuat hidangan ini terasa lebih segar. Soto di Indonesia pun ada beragam jenis. Anda dapat menikmati soto kuah bening dan juga kuah santan. Selain itu, sebagai pelengkap, Anda bisa memilih untuk menikmatinya bersama dengan mie ataupun nasi.
     
    Gado-Gado
    Siapa bilang Indonesia tidak punya menu salad? Namun jika salad biasanya dilumuri dengan thousand island, gado-gado dilumuri dengan bumbu kacang dan ditaburi dengan bawang goreng. Selain potongan sayuran hijau, taoge, serta biji jagung, potongan telur rebus dan kentang rebus juga biasanya turut dimasukkan ke dalam menu ini. 
     
    Nasi Goreng
    Semua orang sepertinya pernah menikmati olahan nasi yang dimasak dengan minyak dan ditambah kecap manis ini. Dan tahukah Anda jika nasi goreng menjadi makanan terlezat kedua di dunia setelah rendang? Di Indonesia sendiri ada banyak macam nasi goreng yang dapat dinikmati. Tapi, yang paling favorit tentu saja nasi goreng ikan asin. Sst, Barack Obama menjadi salah satu tokoh dunia pecinta nasi goreng lho. (Adhia Azka/VP/Image:various)