Lifestyle

5 Kuliner Nusantara yang Tak Boleh Dilewatkan di Bazaar Fashion Festival

  by: Adya Azka       24/10/2014
  • Dalam gelaran Bazaar Fashion Festival (BFF) kali ini para pengunjung tidak hanya disuguhkan berbagai macam pagelaran busana dari desainer ternama, tapi juga hidangan Nusantara super nikmat yang tidak boleh terlewatkan. Berikut lima kuliner asli Nusantara pilihan Cosmo! (Eunike Freskanta/VP/Image: doc. Cosmopolitan)



    1. Soto Udang - Medan Akwang
    Gurihnya kuah soto khas Medan yang disiram di atas tumpukan udang segar tentu langsung menggugah selera Anda. Soto yang biasanya berisi daging ayam atau sapi kali ini disajikan berbeda dengan hidangan laut yaitu udang. Jangan lupa untuk menikmati kuah soto kuning ini dengan nasi, emping, dan perkedel kentang.



    2. Gudeg Yu Djoem – Yogya
    Disajikan di atas daun pisang, gudeg ini memang menjadi legenda di Yogyakarta. Manis dan gurihnya makanan tradisional Yogya ini memang sudah menjadi resep turun temurun selama lebih dari 80 tahun. Salah satu resep rahasianya adalah karena gudeg ini dimasak di kompor model lama yang apinya berasal dari kayu bakar. Jadi tak usah heran jika pada siang hari gudeg ini sudah habis terjual.





    3. Gado-Gado Siram – Solo
    Makanan khas Solo ini memang sudah mulai sulit dicari. Potongan sayur segar seperti selada, kentang, tauge, labu siam dan kacang panjang juga tempe, tahu dan telur rebus yang disiram dengan bumbu kacang pasti menjadi santapan lezat dan sehat. Jangan samakan bumbu kacang gado-gado siram dengan gado-gado biasa karena ini sangat berbeda. Ingin tahu perbedaannya? Langsung saja nikmati di Pasar Indonesia, BFF.



    4. Makan Randang – Padang
    Pencinta kuliner khas Sumatra Barat pasti akan mencintai Makan Randang  yang berada di stand BFF ini. Daging sapi empuk dengan bumbu  asli Padang yang dihasilkan dari proses memasak yang cukup lama ini membuat rendang kaya akan cita rasa tradisional Minangkabau.



    5. Sate Buntel Mbok Galak – Solo
    Terbuat dari daging kambing cacah, dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan dibakar sempurna dengan bumbu istimewa membuat sate ini konon menjadi makanan favorit Presiden Jokowi semasa menjadi Walikota Solo. Sate ini disajikan dengan bumbu kecap kental yang lezat dengan irisan bawang merah dan cabe rawit. Bayangkan paduan rasa yang tercipta saat potongan daging ini masuk ke mulut Anda.