Career

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi Saham

  by: Redaksi       27/10/2014
  • Investasi terdiri berbagai macam jenis, mulai dari properti, emas, reksadana, hingga saham. Bila Anda adalah pemain pemula dalam hal investasi dan tertarik untuk memulainya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu supaya tidak salah langkah. Berikut Cosmo bagikan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum investasi saham. 

    Tentukan Tujuan Investasi Anda

    Sebelum memutuskan untuk investasi saham, Anda harus memastikan dulu apa tujuan Anda berinvestasi. Misalnya, apakah tujuan Anda berinvestasi saham adalah untuk pengembangan dana atau untuk suatu tujuan keuangan tertentu. Jika Anda sudah mengetahui tujuan investasi yang Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah menetapkan target (return) yang diinginkan.



    Pencapaian Target

    Setelah mengetahui tujuan Anda berinvestasi saham, tetapkan target yang ingin dicapai saat membeli saham di pasar modal. Pencapaian target di sini maksudnya adalah Anda harus sudah tahu berapa dana yang ingin dicapai sebagai return. Tentunya Anda berharap dong saham yang Anda beli mengalami kenaikan harga supaya Anda dapat meraup keuntungan sebesar-besarnya. Pencapaian target perlu dilakukan agar investasi Anda lebih terarah.

    Waktu



    Ada dua tipe investor yaitu investor jangka pendek dan investor jangka panjang. Investor jangka pendek biasanya hanya memerhatikan kapan waktu untuk membeli dan menjual saham. Sedangkan investor jangka panjang memerhatikan saham apa yang akan dibeli atau dijual, serta pada harga berapa ia akan membeli atau menjual saham tersebut. Bila Anda ingin memulai investasi saham, jadilah investor jangka panjang. Namanya juga investasi saham, hasilnyaakan lebih terasa bila Anda menetapkan waktu jangka panjang dibandingkan jangka pendek.

    Mengukur Kemampuan

    Semakin tinggi return (imbalan) hasil investasi, semakin tinggi juga risikonya. Dan semakin rendah hasil imbalan investasi, semakin rendah juga risikonya. Oleh karena itu, Anda juga harus pandai mengukur kemampuan. Maksudnya sebelum terjun ke dunia investasi saham, Anda harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai jenis saham dan stock market. Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menganalisapasar saham. Dan yang paling krusial,Anda juga harus memiliki emotional intelligence, dalam artian Anda harus memiliki mental yang kuat dan tidak tergesa-gesa. So be wise ladies(Rachelle Kandou / VP / Image: Thinkstock)