Fashion

Kekayaan Indonesia di Tangan Oscar Lawalata dan Mel Ahyar

  by: Redaksi       25/10/2014
  • Salah satu dari rangkaian acara di hari ke-empat (25/10) Bazaar Fashion Festival 2014 diisi dengan peragaan busana dari dua desainer anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), yakni Mel Ahyar dan Oscar Lawalata. Di area White Cube, keduanya memamerkan koleksi Spring/Summer 2015 mereka yang sama-sama mengangkat kekayaan budaya Indonesia pada koleksinya kali ini.

    Mel Ahyar dengan koleksinya yang bertajuk ‘Suvarnabhumi’, mengangkat kekayaan Kerajaan Sriwijaya, yang berarti land of golds. Pada koleksinya, Mel Ahyar menggandeng ilustrator Diela Maharani untuk memberi ilustrasi di atas kain, kemudian diubahnya menjadi gaun-gaun nan anggun. Desain dan motif yang unik, membuat koleksi ini tampak sangat mewah dan kaya.

    Berbeda dengan Mel Ahyar yang memakai ilustrasi sebagai motif, Oscar Lawalata memakai beragam kain tenun dari Pulau Timor sebagai bahan utama dari koleksinya yang bertajuk ‘Timor’ ini. Oscar ingin menunjukkan bahwa kain tenun yang ada di Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur (NTT), sangat beragam dan istimewa. Tidak hanya tenun Ikat, namun ditampilkan juga tenun Buna dan tenun Sotis yang memiliki keunikannya masing-masing. Dari keunikan dan keberagaman itulah, Oscar Lawalata mengubah kain tersebut menjadi gaun-gaun dengan sentuhan yang sungguh Indonesia dan eksotis. (Natalya Wijaya / VP / Image: dok. Harper's Bazaar Indonesia)