Better You

4 Tip Kurangi Risiko Kanker Kulit

  by: Redaksi       29/10/2014
  • Iklim tropis, asap rokok, juga asap kendaraan bermotor jadi tantangan harian yang harus Anda hadapi. Sadarkah bahwa semua hal tersebut bisa meningkatkan risiko kanker pada kulit? Trik Cosmo kali ini bisa jadi upaya Anda untuk menghindari penyakit ini.

    Pengecekan Rutin
    Melakukan cek harian selepas rutinitas di bawah paparan matahari langsung bisa jadi salah satu cara pengenalan dini. Anda bisa melakukannya di tengah sesi mandi. Sebaiknya, lakukan pengecekan rutin juga ke dokter spesialis kulit kepercayaan Anda. Dengan begitu segala risiko buruk bisa diatasi segera. Lakukan pengecekan ke dokter satu bulan sekali. 

    Tabir Surya
    Ini merupakan hal umum yang paling sering dilakukan banyak wanita, tapi terkadang sering terlupakan. Memakai sunscreen baik untuk mencegah kanker kulit, dear. Anda juga harus memastikan, bila aktivitas sedang berpusat di luar ruangan pilihlah setidaknya SPF 30 untuk penggunaan harian atau SPF 50 saat berada di luar ruangan untuk waktu yang lama. Ulangi pemakaian ini dalam kurun waktu beberapa jam sekali untuk tetap menjaga proteksinya.



    Aksesori Pelindung
    Jika seluruh area tubuh sudah terproteksi, jangan lupa untuk menggunakan pelindung kepala. Kulit kepala dan area wajah juga bisa mendapat ancaman untuk penyakit ini. Dengan menggunakan penutup kepala Anda sekaligus melindungi kulit kepala dan wajah. Butuh referensi topi atau penutup kepala untuk menunjang penampilan harian Anda? Oh well, coba buka kembali rubrik fashion di majalah kesayangan Anda ini.



    Makanan Kaya Vitamin
    Tentu saja pencegahan bukan hanya dilakukan di luar tubuh saja. Dari dalam tubuh, makanan sehat kaya vitamin A dan E bisa Anda andalkan. Konsumsi buah dan sayuran dengan kandungan vitamin A yang tinggi seperti tomat, wortel, cabai merah, atau bayam. Biji bunga matahari juga bisa jadi sumber asupan vitamin E Anda. Perhatikan juga keseimbangan cairan dalam tubuh ya dengan cukup mengonsumsi air mineral. (Muhtar Rais/SW/Image: iStock/Thinsktock)