Career

Cara Memulai Investasi Emas

  by: RedaksiCosmopolitan       29/10/2014
  • Investasi emas merupakan hal yang banyak dilakukan banyak orang saat ini. Anda ingin memulainya tapi bingung bagaimana caranya? Nah, kali ini Cosmo akan berbagi tip dengan Anda bagaimana berinvestasi lewat logam mulia ini agar aman sekaligus menguntungkan. Simak!

    Tentukan Tujuan

    Sebelum Anda berinvestasi emas, sebaiknya tentukan tujuan Anda terlebih dahulu, misalnya apakah tujuan investasi emas yang Anda lakukan ini untuk dana darurat, dana pensiun, modal usaha, dana pendidikan, liburan, dan sebagainya. Setelah itu tentukan jangka waktunya, yaitu jangka waktu pendek (1 hingga 3 tahun), jangka menengah (4 hingga 7 tahun), atau jangka panjang (lebih dari 7 tahun).

    Tentukan Strategi

    Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas, saatnya Anda menentukan strategi. Pertama, Anda harus tahu seberapa banyak emas yang bisa Anda kumpulkan. Tentunya hal ini harus disesuaikan juga dengan kemampuan yang dimiliki. Setelah menentukan strategi pertama tadi, barulah Anda bisa menentukan seberapa banyak emas yang harus Anda beli.

    Perhatikan Harga



    Bila Anda ingin membeli emas, pasti Anda ingin tahu dulu dong harganya. Saran Cosmo, sebaiknya Anda membeli emas dari PT. Antam karena kualitas emasnya terjamin dan harganya pun bisa dipercaya. Anda bisa mengunjungi di http://www.antam.com. Di sini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai emas secara detail.

    Keuntungan Investasi Emas

    Investasi emas tidak sama dengan investasi saham atau reksadana. Harga emas berkecenderungan untuk selalu naik, jarang anjlok seperti saham. Selain itu, emas bisa langsung diuangkan apabila Anda membutuhkan uang tunai.   

    Waktu Yang Baik Membeli Emas




    Kapan sih waktu terbaik membeli emas? Well, patokan awal yang paling gampang untuk menentukan waktu membeli adalah rajin memperhatikan dan mengikuti perkembangan nilai Rupiah terhadap Dolar AS. Saat nilai Rupiah dalam keadaan stabil, artinya kondisi ekonomi sedang berada dalam level normal. Itulah saat yang tepat membeli emas. Sebab pada kondisi tersebut, emas berada pada harga murah. (Rachelle Kandou / IR / Image: Thinkstock)