Career

Pikat Calon Bos Lewat Profil LinkedIn Anda

  by: Adya Azka       31/10/2014
  • Kemajuan teknologi membuat beberapa perusahaan “melek” untuk mencari tahu tentang calon karyawannya. Selain dengan pengisian data diri dan interview kerja yang biasa dilakukan, salah satu cara terbaru untuk mengetahui latar belakang si calon karyawan adalah dengan mengintip profil akun sosial media mereka – LinkedIn salah satunya. Simak ulasan Cosmo berikut.

    Jangan Asal Cut and Paste
    Anda tentu tidak akan memberikan data diri begitu saja saat berkenalan dengan orang baru, kan? Oleh karena itu, jangan pernah asal meng-cut and paste sebuah curicullum vitae. Lebih baik cantumkan penjelasan dan keahlian Anda secara singkat dan jelas, seakan-akan Anda sedang bercerita kepada seseorang yang baru saja Anda temui. Coba jadikan profil Anda berbeda (baca: unik) dari orang lain.

    Tonjolkan Keahlian
    Jangan sia-siakan bagian Skills & Expertise di profil Anda, karena inilah yang menjadi kunci untuk mempermudah orang menemukan dan mengingat Anda. Menambahkan keterampilan dan keahlian yang spesifik juga dapat menjadikan Anda terlihat lebih unik dan berbeda daripada yang lain.



    Paparkan Pengalaman
    Bantu orang lain untuk dapat lebih memahami tugas dan peran Anda di perusahaan sebelumnya. Jangan ragu untuk memaparkan pengalaman kerja dan berorganisasi Anda secara singkat, jelas, dan padat sehingga mudah dicerna oleh mereka yang membaca.



    Bangun Koneksi
    Koneksi adalah salah satu aspek terpenting dari petualangan pencapaian karier impian. Coba bayangkan apa yang terjadi jika sebuah perusahaan besar yang sedang mengamati profil Anda ternyata memiliki koneksi yang sama? Hmm, tentu saja akan ada nilai plus untuk profil Anda, dear. Dengan begitu, gerbang masuk menuju kantor baru sudah mulai terbuka.

    Aktif Meng-update Resume
    Profil LinkedIn adalah salah satu refleksi nyata dari kehidupan profesional Anda yang dapat di-update dengan sangat mudah. Pastikan profil Anda selalu diperbaharui, dan sebaiknya Anda juga mulai mengekspresikan sudut pandang Anda terhadap suatu tren industri. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbaharui status ataupun memberikan komentar terhadap news share untuk membangun kredibilitas Anda dan menjaga hubungan profesional. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)