Better You

5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat

  by: Nungki Dwiandara       2/10/2015
  • Bagaimana cara menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar? Ini akan menjadi pertanyaan paling umum bagi masyarakat Indonesia, khususnya wanita aktif yang memiliki beragam aktivitas.

    Menjaga agar tubuh tetap sehat dan langsing menjadi salah satu perhatian utama kaum urban. Untuk itu, Cosmo punya lima tips agar Anda selalu dapat tampil sehat dan fresh :
    Jaga Asupan dan Pola makan

    Makan dengan waktu teratur juga dapat membangkitkan semangat kerja. Jika Anda hanya makan sehari dua kali, atau cenderung melewatkan sarapan pagi, ubah kebiasaan tersebut mulai sekarang. Sarapan pagi membuat pikiran Anda menjadi lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaan. Dan jangan lupa menjaga asupan makanan dengan 4 sehat 5 sempurna.



    Camilan Sehat
    Kadang banyaknya aktivitas membuat asupan karbohidrat, protein, dan serat terasa kurang sehingga Anda tetap butuh cemilan di saat-saat tertentu. Boleh saja, namun Anda tetap harus menjaga kandungan gizi di dalamnya. Lebih baik, pilih camilan yang mengandung vitamin B1, B2, B6, dan B9 dengan kadar mineral dan kalsium, tinggi seperti Oat 8. Biskuit havermout yang terbuat dari oat ini juga terdiri dari dua varian rasa bean yaitu mung bean (kacang hijau) dan almond. Anda juga tidak perlu khawatir berat badan bertambah jika mengkonsumsi camilan satu ini.

    Tidur Teratur
    Pola tidur yang sehat sebenarnya dimulai dari pukul 9 malam sampai dengan jam 6 pagi atau 8-9 jam perhari. Jika Anda seorang yang sibuk dan sulit untuk mengatur jam tidur, mulailah memperbaiki waktu istirahat Anda, karena tidur yang cukup membuat tubuh menjadi lebih fresh.



    Olahraga Rutin
    Manfaatkan waktu libur untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tetap bugar dengan melakukan olahraga dengan rutin minimal seminggu dua kali.

    Minimalisir Alkohol, Nikotin, dan Kafein
    Jika Anda terbiasa mengonsumsi alkohol, nikotin dan kafein mungkin tidak mudah untuk melepaskannya secara drastis. Perlahan, dengan mengurangi semua konsumsi makanan atau minuman yang mengandung unsur berbahaya tersebut, akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

    (HG/VP/Image: Dok. Oat 8)