Beauty

3 Dampak Buruk Memencet Komedo!

  by: Ainjia Phioltia Paat       5/10/2015
  • Anda pasti sudah tahu bahwa pori-pori yang tersumbat kotoran serta minyak berlebih dapat menyebabkan blackhead maupun whitehead membandel. Malah seringnya, Anda pun gemas ingin mengeluarkan isinya sendiri dengan cara memencet hidung atau area kulit yang dimaksud tanpa tahu efek negatifnya! Baca terus artikel ini untuk tahu bahaya dari ekstraksi komedo dengan tangan Anda.

    1. Meninggalkan bekas
    Kuku tangan yang bergesekan dengan permukaan wajah sangat mungkin “mencakar” kulit Anda secara tidak sengaja dan menimbulkan kemerahan serta iritasi. Kalau terus dilanjutkan, bisa-bisa muka Anda penuh bekas luka yang susah hilangnya. Oh, no!
    2. Pori-pori membesar
    Apabila Anda tidak membuka pori-pori terlebih dulu melalui metode uap sebelum mengeluarkan komedo apalagi lupa membasuh dengan air dingin setelahnya, maka imbasnya adalah penampakan yang semakin “berkawah”. Terlebih jika dibandingkan dengan memakai alat bantu, ekstraksi dengan menggunakan jari tangan tentu akan lebih melebarkan permukaan pori-pori Anda.
    3. Potensi jerawat
    Tangan Anda merupakan salah satu perantara kotoran untuk masuk ke dalam tubuh, ladies. Kontak apa pun dengan wajah, apalagi dalam rangka memencet komedo, dapat mengakibatkan transfer kuman dan kotoran yang malah semakin menumpuk ke dalam pori-pori. Kalau sudah begini, bukan mustahil terjadi infeksi bakteri yang merupakan akar dari jerawat baru!

    (Melur Pinilih/AP/Image: Depositphotos)