Better You

Jaga Kesehatan Gigi Anda dengan Rangkaian Makanan Berikut Ini

  by: Silvya Winny       10/10/2015
  • Soal kesehatan gigi kita cenderung lebih fokus dengan anjuran menyikat/flossing dan jenis odol/mouthwash yang digunakan. Padahal apa yang kita makan juga berpengaruh besar, lho terhadap gigi. Berikut yang wajib Anda ketahui.

    Susu / Keju
    Menyantap produk olahan susu seperti keju akan melepaskan kalsium yang akan bercampur dengan plak lalu menempel pada gigi. Hal ini akan membantu melindungi gigi dari asam (yang biasa dihasilkan mulut setelah Anda makan) yang berpotensi mengakibatkan kerusakan  gigi dan menciptakan enamel gigi dalam waktu singkat. Dan tentu Anda masih ingat ajaran masa kecil yang menganjurkan Anda minum susu karena minuman ini sarat vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan serta untuk kesehatan tulang dan gigi Anda.

    Crispy Fruit and Vegetables
    FYI, dalang nomor satu akan kerusakan gigi adalah konsumsi gula yang berlebihan, apalagi gula artifisial yang berasal dari sirup atau soft drinks. Gula ini akan dikonversi jadi asam oleh bakteri pada mulut yang, lagi-lagi, menimbulkan risiko pengikisan lapisan gigi. That’s why, pilihlah kudapan yang mengandung gula natural, terutama dari buah atau sayuran yang “renyah” seperti apel, pir, dan wortel, dan seledri, yang memiliki added benefit membersihkan plak dari gigi, menstimulasi produksi air liur lebih banyak (yang akan membersihkan mulut dan gigi dari “makanan” sisa), serta menyegarkan mulut.



    Antioxidant Vitamins
    Seperti vitamin C yang dapat membantu melindungi gusi dan mencegah kerusakan saraf gigi serta infeksi bakterial. Makanya perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran, dear.

    Cranberries
    Mengapa satu buah ini perlu khusus di-mention? Well, menurut studi terkini, buah cranberry segar memiliki khasiat mencegah pembentukan multiplikasi oral bacteria yang berpotensi menciptakan plak yang merusak gigi. Good to know.



    Folic Acid
    Tak hanya supersehat untuk wanita hamil, tapi bila kesehatan gigi jadi concern utama Anda, maka konsumsilah lebih banyak folic acid (banyak ditemukan dalam sayuran hijau) karena bisa membantu menjaga kesehatan mulut serta memicu pertumbuhan sel di seluruh tubuh.

    Air Putih
    Ini mungkin paling gampang ya: daripada menenggak minuman manis sepanjang hari seperti sirup, teh atau soft drinks, biasakan menenggak air putih secara reguler karena hal ini ampuh membersihkan mulut dari makanan yang terselip. Dan dianjurkan juga, setelah lunch ataupun dinner, berkumur-kumurlah dengan air untuk efek yang sama. (Sahiri Loing / SW / Image: kzenon / iStock / Thinkstock)