Better You

Tak Hanya Cantik Dilihat, Bunga Juga Sehat untuk Anda Konsumsi!

  by: RedaksiCosmopolitan       13/10/2015
  • Dibandingkan dedaunan, entah kenapa bunga tampak kalah pamor untuk jadi bagian dari santapan Anda. Padahal, semenjak zaman Romawi kuno, bunga telah jadi bagian dari kultur kuliner mereka lho. Here are some of the examples.

    Bunga Turi
    Di daerah asalnya, pecel disajikan dengan pelengkap bunga turi—and you can eat them! Bunga berwarna putih dan merah ini biasa ditemukan di pedesaan di samping sungai atau pematang sawah, namun sayang pecel “versi” kota tidak mencantumkan bunga turi lantaran susah ditemukan (dan bilapun Anda harganya cenderung mahal). Turi sendiri kaya akan kandungan kalsium, zat besi, vitamin A dan B, dan menurut studi menyantap kembang turi sangat bagus untuk melancarkan ASI. Bila Anda ingin menyantap pecel orisinal yang dilengkapi bunga turi, singgahilah resto 1945 di hotel Fairmont.

    Bunga Telang
    Satu lagi kembang yang bisa ditambahkan di “salad” ala Indonesia (seperti gado-gado atau pecel) adalah telang. Bunga ungu asal Ternate, Maluku Utara, ini kerap dijadikan pewarna alami makanan seperti ketan atau nasi (atau yang disebut nasi kerabu). Ketenarannya kini telah menyebar ke Thailand (sebagai bahan minuman) dan Burma (untuk digoreng). Khasiatnya termasuk melancarkan pencernaan dan menstruasi.



    Kembang Sepatu
    Bunga ini paling sering Anda temukan di kebun-kebun rumah tapi fungsinya mayoritas hanya untuk dekorasi. Padahal, bunga kembang sepatu (atau hibiscus) sarat vitamin C serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, dan kerap dipakai untuk membuat teh herbal. Tentu Anda bisa juga menyantapnya dan khasiat yang akan Anda dapatkan adalah antioksidan untuk membantu mencegah penyimpanan kolesterol.

    Rosemary
    Oh they smell great, dan oleh karena itu mereka kerap dijadikan seasoning (terutama di wilayah Mediterania) untuk memasak. Bunga rosemary sering dijadikan garnishing ini sarat vitamin B, A, C, dan sumber yang kaya akan zinc.



    Lavender
    Well, ternyata tak hanya efektif untuk membantu Anda tidur nyenyak, tapi bunga lavender bisa Anda “kudap” juga lho. Rasanya manis, floral (obviously), dan sedikit citrus-y –juga. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan kue, salad atau custard, dan memiliki khasiat membantu menyembuhkan gejala rosacea, sakit tenggorokan, sakit gigi, kegelisahan, dan masih banyak lagi.

    Mawar
    Interesting trivia about roses: wanginya baru akan menyebar setelah bunganya mulai mengering. Anyway, rasa mawar terkadang tergantung pada kesuburan tanah, jenis mawar, dan iklim, tapi yang pasti, bila Anda mendapatkan mawar yang tepat, Anda bisa mencampurkannya ke dalam salad, dessert atau bahkan dijadikan selai. Manfaatnya termasuk antibacterial, antiseptic, serta membantu mencegah infeksi dan membersihkan darah. (Sahiri Loing / SW / Image: Halfpoint / iStock / Thinkstock)