Career

Ini Dia Jawaban Seputar Keuangan yang Sering Ditanyakan

  by: Silvya Winny       14/10/2015
  • Bicara mengenai finansial, mungkin ada beberapa pertanyaan yang sering berputar di benak Anda. Semisal berapa kartu kredit yang semestinya dimiliki, serta beberapa pertanyaan tricky lainnya. Oh, don’t worry ladies, Cosmo punya jawabannya!

     

    Berapa Banyak Kartu Kredit yang Semestinya Dimiliki?



    ?Jawabannya: That’s up to you, ladies! Sesuaikan dengan gaji yang Anda terima, lalu pikirkan kembali seberapa bijak Anda dalam menggunakan kartu kredit. Saran Cosmo, jangan memiliki lebih dari empat kartu kredit. Dibanding menambah jumlah kartu, lebih baik upgrade kartu untuk menaikkan angka kreditnya.

     

    Berapa Besar Tabungan Pensiun yang Harus Disimpan?

    Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan, semisal berapa umur Anda sekarang, lalu berapa banyak nominal yang sudah Anda tabung untuk pensiun, serta seperti apa kehidupan yang Anda inginkan saat sudah pensiun nanti. Saran Cosmo, selalu simpan 20% dari pendapatan Anda untuk tabungan pensiun. Lebih baik bersusah dahulu lalu bersenang kemudian, kan?

     

    Apa Itu Budgeting dan Apakah Dibutuhkan?



    Gampangnya, budget adalah daftar pengeluaran versus daftar pendapatan Anda tiap bulannya. And yes, of course dear, you need budgeting! Hal tersebut membuat Anda memiliki kontrol lebih terhadap keuangan. Mudahnya, pisahkan 50% pendapatan untuk pengeluaran, 30% untuk tabungan dan 20% untuk emergency fund.

     

    Berapa Besar Uang yang Dibutuhkan Untuk Emergency Funds?

    Tergantung dari jumlah pengeluaran Anda tiap bulannya. Saran terbaik Cosmo, simpanlah uang dengan jumlah yang sama dengan pengeluaran Anda selama 6 bulan. Dan dahulukan gaji Anda untuk menyimpan uang demi emergency dibandingkan bersenang-senang membeli dress terbaru.

     

    Bagaimana Cara Investasi Terbaik

    Investasi berarti menyimpan uang Anda - dalam bentuk saham, atau emas, atau properti - sehingga uang tersebut bisa menghasilkan lebih banyak uang lagi. Untuk melakukan hal tersebut, Anda tidak membutuhkan uang dalam jumlah yang besar. Perhatikan hal ini, berinvestasilah di saat Anda telah memiliki tabungan pribadi dengan jumlah tiga kali dari gaji Anda sekarang, melunasi seluruh tagihan kartu kredit Anda, serta mengerti dengan jelas mengenai apa yang Anda investasikan. (Alvin Yoga / VP / Dmitry FIsher/iStock/Dok. Thinkstock Photos)