Better You

7 Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

  by: Silvya Winny       15/10/2015
  • Kanker payudara merupakan penyebab kematian terbesar kedua pada wanita setelah kanker serviks atau leher rahim menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).That’s why di bulan Oktober ini, Cosmo mau mengajak Anda mulai menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah kanker payudara melalui tujuh cara ini!

    Mempertahankan Berat Badan Ideal
    Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Jaringan lemak meningkatkan produksi estrogen yang jika berlebihan sering dikaitkan dengan pemicu kanker payudara. Batasi asupan makanan dan minuman berkalori tinggi.

    Olahraga
    Selain membantu agar tetap stay in shape, olahraga juga bisa menjaga keseimbangan hormon. Olahraga teratur akan meningkatkan imunitas, mencegah obesitas, menurunkan hormon estrogen dan insulin. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi 30 menit dalam sehari agar tubuh fit dan payudara tetap sehat.



    Kurangi Alkohol
    Menurut penelitian American Cancer Society, minum alkohol dua kali dalam sehari bisa meningkatkan risiko kanker payudara hingga 21 persen. Daripada minum wine, ganti saja dengan makan anggur segar. Resveratrol yang terkandung di kulit anggur bisa menurunkan tingkat hormon estrogen yang berpengaruh dengan risiko kanker.

    Kenakan Bra yang Tepat
    Menggunakan bra yang sesuai amat berpengaruh dengan menjaga kesehatan payudara. Bra terlalu ketat bisa menahan payudara dan menghambat peredaran darah. Peredaran darah lancar akan membuat racun tidak menumpuk. Untuk sehari-hari kenakan bra berbahan katun dan hindari mengenakan push-up bra terlalu lama.



    Makan Sayuran
    Mengurangi konsumsi daging merah dan daging olahan memang amat berpengaruh menurunkan risiko kanker, tapi iringi juga dengan makan sayuran hijau. Anda bisa mengonsumsi brokoli yang mengandung senyawa antikanker bernama sulforaphane.

    Cari Tahu Riwayat Keluarga
    Sekitar 15 persen kasus kanker payudara terkait dengan faktor keturunan. Jika salah satu anggota keluarga mengalami kanker payudara, risiko Anda mengalaminya akan makin besar.

    Pemeriksaan Rutin
    Setiap wanita harus memeriksa payudara sendiri secara rutin tujuh hari setelah menstruasi, saat jaringan payudara tidak terlalu sensitif. Lakukan juga pemeriksaan klinis oleh dokter setiap tiga tahun sekali. Jika ditemukan gejala, lanjutan dengan pemeriksaan mamografi atau ultrasonografi (USG). (Soca Massardi/VP/Image: Outnow.ch)