Lifestyle

8 Aturan Utama Saat Packing

  by: Silvya Winny       18/10/2015
  • Saat sedang berkemas untuk pelesir ke luar kota, pasti Anda sering bertanya-tanya: apa saja barang yang perlu dibawa, di mana sebaiknya barang tersebut disimpan, serta apa saja yang sekiranya bisa ditinggalkan? Eits, jangan khawatir, dear. Simak tip packing ala Cosmo berikut ini.

    Jumlah Pakaian yang Dibawa

    Gampangnya, jika Anda terpikir untuk membawa delapan lembar pakaian, maka bawalah enam. Faktanya, kebanyakan orang membawa pakaian lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan. Tidak apa-apa jika Anda ingin membawa cadangan, tapi jangan terlalu banyak. Tidak mau kan, koper Anda “meledak” karena kelebihan muatan?



    Siapkan Uang Tunai

    Persiapkan kemungkinan bahwa Anda membutuhkan uang lebih banyak dari yang Anda perkirakan. Semisal kartu kredit Anda mengalami gangguan atau semacamnya. Maka dari itu, bawalah uang tunai dua kali dari jumlah yang awalnya Anda butuhkan, lalu bagi sama rata untuk disimpan di beberapa tempat. Berjaga-jaga tidak ada salahnya, kan?

    Bawa Ransel Atau Tas Kecil

    Jangan menyimpan semua hal di dalam koper sekaligus. Semisal untuk jaket tebal untuk luaran, Anda bisa saja menentengnya dibandingkan ditaruh di dalam koper. Pisahkan beberapa barang praktis yang sekiranya bisa dimuat di dalam ransel. Hal tersebut bisa memberikan sedikit space kosong untuk koper Anda.

    Trik Mendapat Koper Dengan Cepat

    Jika Anda membawa koper dan menitipkannya di bagasi pesawat, maka mintalah petugas untuk menempelkan stiker “Fragile” di atas koper. Hal ini akan membuat tas Anda berada di posisi teratas dan akan menjadi urutan pertama yang dikeluarkan nantinya. Selain itu, jangan lupa untuk menandai koper Anda agar tidak tertukar dengan koper lainnya di tengah keramaian.

    Simpan Buku Panduan



    ...di dalam gadget Anda! Itulah salah satu keuntungan memiliki gadget. Lupakan ide membawa buku panduan atau novel di dalam koper. Hal tersebut bisa menghemat tempat untuk dua lembar pakaian, lho!

    Pikirkan Kembali Outwear Anda

    Ingat, jaket dan sweater memakan tempat yang cukup banyak di dalam koper. Kecuali Anda akan menghadapi cuaca yang sangat dingin, bawa saja longsleeve. Alternatif lainnya, pakai saja outwear Anda dibandingkan menaruhnya di dalam koper.

    Lupakan Peralatan Mandi Eksklusif & Kaus Kaki

    Dear, Anda bisa membeli peralatan mandi di tempat berlibur nanti. Bahkan jika Anda menginap di hotel, pihak hotel pasti akan menyediakan peralatan mandi untuk Anda. Lupakan juga soal membawa handuk jika Anda menginap di hotel. Sama seperti peralatan mandi, Anda juga bisa membeli kaus kaki di tempat berlibur nanti. Bawalah sepasang jika Anda memang bersikeras untuk membawanya.

    Tinggalkan Benda Mewah Lainnya

    Jika benda tersebut penting dan cukup mewah, lalu tidak muat untuk disimpan dalam ransel Anda sehingga sulit untuk dibawa kemana-mana, tinggalkan saja. Barang-barang mewah akan mengundang perhatian para kriminal, kemanapun Anda pergi. Kecuali Anda ingin merasa insecure selama berlibur, lebih baik simpan dengan aman di dalam rumah. (Alvin Yoga / VP / Dangubic/iStock/Dok. ThinkStock Photos)