Better You

5 Cara Relaksasi Selain Meditasi

  by: Silvya Winny       15/10/2015
  • Tubuh perlu relaksasi untuk mengurangi stres agar pikiran tetap seimbang sekaligus menghindari gangguan kesehatan. Namun relaksasi tak melulu harus bermeditasi dengan mata tertutup. Lima kegiatan berikut ini punya efek menenangkan tubuh dengan cara yang lebih menyenangkan!

    Melompat
    Berlari memang cara yang baik untuk mengurangi stres. Tapi menurut ilmuwan NASA, sepuluh menit melompat di atas trampolin 68 persen lebih efisien mengurangi stres daripada 30 menit jogging lho. Ajak teman atau si dia ke tempat yang menyediakan fasilitas trampolin, pasti Anda akan tidur nyenyak setelahnya.

    Menghirup Aroma Sedap
    Menurut Smell & Taste Treatment and Research Foundation of Chicago, menghirup dalam-dalam aroma kue yang baru Anda beli, bisa membuat tubuh relaks. Hal yang sama berlaku  untuk aroma lain yang familiar dan bisa membuat Anda nyaman.



    Mendengarkan Musik
    Jika stres sudah memuncak, coba sisihkan waktu mendengarkan musik. Musik dapat menstabilkan detak jantung, tekanan darah serta menurunkan kadar kortisol yang menjadi penyebab utama stres. Penelitian menunjukkan musik dapat memberi efek “tenang” setara dengan sepuluh miligram valium atau obat penenang.



    Menonton Video ASMR
    Bagi Anda yang sulit tidur, cobalah menonton video yang bisa merangsang autonomous sensory meridian response (ASMR) di YouTube. Video ASMR bertujuan untuk menimbulkan braingasm atau sensasi menggelitik pada otak. Biasanya video ini berisi berdurasi 15 menit hingga satu jam dan berisi suara orang berbisik yang terdengar sangat lembut serta menenangkan. It’s worth to try, ladies.

    Memijat Diri Sendiri
    Saat Anda merasa otot-otot menjadi tegang, lakukan pijatan ringan pada diri sendiri untuk relaksasi. Mulai dengan meletakkan kedua tangan pada bahu dan leher, kemudian lakukan pijatan ringan menggunakan jari dan telapak tangan. (Soca Massardi/VP/Image: doc. Wavebreakmedia Ltd/Wavebreak Media/Thinkstock)