Better You

5 Makanan dan Minuman untuk Payudara Sehat

  by: Silvya Winny       18/10/2015
  • Ladies, mengonsumsi makanan sehat tidak hanya menjaga angka pada timbangan saja lho. Membiasakan diri memiliki pola makan yang sehat juga dapat membantu Anda terhindar dari penyakit kanker payudara. Yuk, rutin mengonsumsi makanan sehat di bawah ini secara teratur!

    Brokoli

    Sayuran hijau yang kaya akan vitamin A dan K ini ternyata dapat mencegah penyakit kanker, dear. Mary Marian, MS, RD, CSO, peneliti dari University of Arizona Collage of Medicine mengatakan, mengonsumsi brokoli setidaknya dua kali sehari dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker.



    Salmon

    Sebuah studi internasional yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi asam lemak omega-3 memiliki risiko 14% lebih rendah untuk menderita kanker payudara. Kabar baiknya, salah satu makanan yang kaya akan omega-3 adalah salmon. Satu alasan untuk lebih sering menyantap sashimi!

    Apel

    An apple a day keeps the cancer away! Nutrisi yang terdapat pada apel terbukti dapat menjauhkan Anda dari penyakit kanker. American Institute for Cancer Research mengungkapkan, mengonsumsi paling tidak satu apel dalam sehari dapat menekan pertumbuhan kanker payudara. Sebaiknya konsumsi apel beserta kulitnya karena kulit apel menyimpan nutrisi yang baik untuk tubuh.

    Delima



    Buah ini terkenal dengan khasiatnya untuk kesuburan wanita selama ratusan tahun. Tidak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh Cancer Prevention Research menemukan bahwa kandungan ellagic acid pada buah delima atau pomegranate dapat menekan pertumbuha estrogen. Estrogen adalah salah satu zat yang dapat menyebabkan kanker payudara.

    Jamur

    Jangan lupa untuk memasukkan jamur sebagai menu harian Anda. Pasalnya, menurut studi yang diterbitkan International Journal of Cancer, makanan ini dapat melindungi Anda dari kanker payudara. Wanita yang rutin mengonsumsi jamur setiap hari memiliki 2/3 kemungkinan lebih kecil terkena kanker payudara.

    Teh

    Teh, terutama teh hijau, kaya akan antioksidan polyphenols dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara. Studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute di Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang minum teh hijau satu cangkir sehari memiliki kadar estrogen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak meminum teh. Hal ini juga akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara Anda. (Hana Devarianti/VP/Image: DenisovDmitry/iStock/485580940)