Career

Tip Membuat CV Anda Lebih Kreatif

  by: Silvya Winny       18/10/2015
  • Sebuah resume yang dibuat di Microsoft Word kini sudah out of date. Untuk menarik perhatian calon bos, Anda perlu suatu resume yang berbeda dan tentunya menarik. Berikut Cosmo berikan tip untuk membuat CV kreatif yang menarik perhatian!

    • Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi desain seperti Adobe Photoshop,  Adobe Indesign, Corel Draw yang bisa memungkinkan Anda berkreasi. Tak hanya warna, Andapun bisa menaruh gambar menarik sebagai background CV. Tapi jangan terlalu berlebihan ya girls. Pastikan tulisan tentang detail diri Anda tetap jelas.
    • Jangan lupa untuk masukan link website berisi project dan portofolio yang pernah Anda buat. Jadi bisa mempersingkat waktu dan menambah nilai plus di mata sang recruiter.
    • Untuk bagian skills, Anda bisa buat bentuk pie chart. Gunanya untuk mempermudah recruiter memahami keahlian Anda. Sedangkan untuk bagian pengalaman pekerjaan, Anda bisa buat dalam bentuk infographic.
    • Walaupun yang akan Anda buat adalah CV kreatif, tapi sebaiknya Anda menaruh foto resmi di dalam CV. Tapi ingat, foto diambil dengan handphone yang kualitas kameranya kurang baik dengan latar restoran, pemandangan, di mobil, atau kamar tidur menandakan bahwa Anda adalah sosok yang kurang dewasa.
    • Berbeda dengan CV konvensional, CV kreatif biasanya memilki size yang cukup besar karena menggunakan desain yang rumit. Pastikan file size CV Anda kurang dari 5 mega byte agar bisa masuk ke inbox e-mail HRD perusahaan yang bersangkutan. (SalliSabarrang / VP / Image: dok. nyulocal.com)



    tags: cv, kreatif, karier