Better You

5 Fakta Infeksi Jamur yang Harus Diketahui

  by: Silvya Winny       22/10/2015
  • Masalah Miss Cheerful yang satu ini memang menyebalkan. Rasa gatal, panas, dan sakit yang ditimbulkan karena infeksi jamur dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Agar terhindar dari masalah tersebut, Cosmo merangkum 5 fakta tentang infeksi jamur yang harus Anda ketahui.

     

    Jamur Dapat Menyebar ke Mulut



    Yup, infeksi jamur ternyata tidak hanya terjadi pada Miss Cheerful saja. Mulut pun bisa menjadi korban dari masalah ini. Jamur biasanya akan tumbuh pada bagian bibir, lidah, dan gusi mulut. Ini akan menimbulkan rasa sakit pada kerongkongan sehingga Anda sulit menelan. Salah satu penyebab infeksi jamur pada mulut adalah oral seks.

     


    Tinja Dapat Memicu Infeksi

    Ternyata orgasme jahat pada kotoran Anda dapat bermigrasi ke Miss Cheerful, dear. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan infeksi jamur. Sebaiknya selalu jaga kebersihan saat mandi dan mengonsumsi probiotik untuk mencegah hal ini terjadi.

     

    Pria Juga Bisa Terjangkit

    Tidak hanya pada wanita, infeksi jamur juga menyerang pria. Seks tanpa pengaman umumnya menjadi penyebab pria terkena infeksi jamur. Kabar baiknya, sama seperti Anda, masalah ini dapat disembuhkan krim atau obat anti-jamur.



     

    Dapat Menjadi Tanda dari Diabetes

    Infeksi jamur juga menjadi tanda dari kondisi kesehatan yang lebih serius, dear. Menurut Mayo Clinic, wanita yang memiliki level gula darah yang tinggi lebih berpotensi untuk terkena infeksi jamur. Wanita yang terjangkit infeksi jamur tiga kali atau lebih dalam setahun sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di dokter untuk mengetahui adanya penyakit yang lebih serius.

     

    Probiotik Dapat Mencegah Infeksi Jamur

    Rutin mengonsumsi probiotik adalah salah satu cara mudah untuk mencegah infeksi jamur. Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia mengungkapkan, makanan probiotik dapat menurunkan risiko infeksi hingga 87%. Satu alasan untuk rutin mengonsumsi yoghurt! (Hana Devarianti/VP/Image: Paul/istock/168176488)