Better You

Hindari 5 Makanan Penyebab Wangi Tak Sedap

  by: Silvya Winny       21/10/2015
  • Beberapa makanan di bawah ini memang memiliki banyak manfaat. Namun hati-hati dear, ada beberapa kandungan di dalamnya yang bisa menyebabkan bau badan tak sedap. Simak makanan apa saja yang konsumsinya harus Anda kurangi.

     

    Daging Merah



    Daging merah memang merupakan salah satu sumber protein yang berkualitas. Namun pada tahun 2006, beberapa peneliti dari Republik Ceko sempat melakukan penelitian dengan mengumpulkan sampel keringat dari sekelompok orang yang banyak mengonsumsi daging merah. Sampel tersebut kemudian dibandingkan dengan sampel keringat para vegetarian. Lalu, sekelompok wanita diminta untuk mengidentifikasi bau yang kurang sedap. Hasilnya, para vegetarian ternyata memiliki bau badan yang jauh lebih sedap dan memikat dibandingkan mereka yang rajin mengonsumsi daging merah. Hmmm...

     

    Kari

    Rasa kari atau gulai yang penuh rempah dan khas memang begitu memikat. Namun, aroma rempah-rempah yang terdapat pada kari ternyata akan mengendap pada pori-pori kulit. Nah, hal inilah yang kemudian akan memunculkan wangi tak sedap menguap dari tubuh. Untuk mendapatkan penawarnya, cobalah untuk mengonsumsi jahe yang bisa memudarkan wanginya serta membuka pori-pori kulit yang tertutup.

     

    Bawang Putih



    Mungkin ini penyebab para vampir tidak menyukai bumbu masak tersebut. Bawang putih mengandung allicin, serta senyawa sulfur lainnya yang mudah terurai dan menghasilkan wangi badan tak sedap. Allicin sangat cepat terurai setelah dikonsumsi, serta mampu mengubah zat lain yang menyebabkan bakteri mudah bercampur dengan keringat. Untuk mengatasinya, makanlah sebuah apel untuk menetralisir sulfur yang terkandung di dalamnya.

     

    Sayur Asparagus

    Asparagus mengandung senyawa mercaptan sulfur yang akan terurai di dalam sistem pencernaan. Enzim tubuh kemudian akan menghancurkan mercaptan sehingga menghasilkan wangi tak sedap. Jika bisa, ganti asparagus dengan paprika panggang yang tidak menghasilkan wangi tak sedap.

     

    Brokoli

    Sebetulnya tak hanya brokoli, namun tanaman yang termasuk dalam kategori sayuran silang seperti kubis juga mampu menghasilkan wangi tak sedap. Sayuran tersebut memang memberikan nutrisi tinggi serta antioksidan untuk membantu membersihkan tubuh Anda dari racun dan sel karsinogenik. Namun, di samping hal tersebut, sayuran silang juga mengandung sulfur yang tinggi sehingga bisa menimbulkan wangi tak sedap pada tubuh. (Alvin Yoga / VP / shvili/iStock/Dok. Thinkstock Photos)