Better You

Manfaat Memberikan Spotlight ke Orang Lain

  by: RedaksiCosmopolitan       25/10/2015
  • Ada pepatah yang mengatakan, Giving its own reward, yang berarti janganlah senantiasa mengharapkan “imbalan” atas segala effort Anda. It’s true, ladies, and here’s why...

    It’s a Smart Career Move
    Jujurlah: dalam pekerjaan pasti Anda sering berharap ada reward di balik segala kerja keras Anda, entah itu dalam bentuk promosi atau kenaikan gaji. Memang wajar sih tapi jangan depresi bila suatu kali Anda hanya direspon dengan ucapan “terima kasih” (atau bahkan tidak sama sekali!). Sebenarnya penantian akan “imbalan” ini merupakan hal yang mesti diubah, dear, tapi bila Anda masih muda dan karier impian merupakan target Anda, status “kreatif di balik layar” adalah peran yang layak dilakoni lho.

    Internal Reward
    Musisi Sting, saat menerima piala di Grammy, menyampaikan acceptance speech yang singkat namun bermakna: the music is the reward itself, dan hal tersebut bisa Anda aplikasikan dalam karier Anda (the WORK is the reward itself). Biarkanlah orang lain “bersinar”—terutama bos Anda—namun Anda tetap merasa puas karena tahu Anda telah menghasilkan suatu pekerjaan yang baik. “Making your boss look good is good for your career,” ujar Suze Orman dalam bukunya The Money Book for The Young, Fabulous & Break. “Karena dia kelak mesti melapor ke atasan yang paling puncak, dan, siapa tahu, ia akan mempromosikan nama Anda atau saat ia dipromosikan Anda dapat menduduki posisinya. Asal saat Anda jadi manajer berjanjilah jangan jadi bos Anda dulu yang tidak mengapresiasi Anda.” (Sahiri Loing / Image: teksomolika / iStock / Thinkstock)