Better You

Jaga Kesehatan Jantung dengan Diet TLC

  by: Silvya Winny       27/10/2015
  • Satu lagi diet yang sebenarnya tidak fokus kepada pengurangan berat badan—tapi lebih ke menyeimbangkan kadar kolesterol—namun hasilnya ampuh juga kok untuk “meringankan” tubuh. And it’s not hard to try, ladies!

    What’s it Called: The TLC Diet

    How it Works: Supaya tidak bingung, diet ini tidak dicetuskan oleh grup wanita R&B era 90an ya—TLC justru adalah singkatan dari Therapeutic Lifestyle Changes yang diciptakan oleh National Institutes of Health yang berbasis di Amerika. Diet ini terbukti sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, dan cara melakukannya cukup mudah: kurangi konsumsi lemak (terutama saturated fat) yang berasal dari daging merah, susu, dan gorengan yang berpotensi melonjakkan kadar kolesterol.  Anda juga dianjurkan untuk membatasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi (that means, jauh-jauh dari sate kambing) serta mengonsumsi lebih banyak serat.





    Recommended Regime: Tentukan target asupan kalori per hari Anda. Bila tujuannya adalah mengurangi LDL—sang kolesterol “jahat”—maka konsumsi yang normal adalah 1,800 kalori. Namun bila Anda ingin merampingkan lingkar pinggang juga maka 1,200 kalori per hari adalah angka yang mesti diincar. Seperti telah disebut di atas, kurangi produk berbasis susu yang tinggi lemak (pilihlah yang low fat), garam, dan daging merah; perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan ayam tanpa kulit. (Sahiri Loing / SW / Image: Tinatin1 / iStock / Thinkstock)