Better You

Hati-Hati Dengan Corn Syrup

  by: Kanta       30/10/2015
  • Corn syrup (atau sirup yang terbuat dari pati jagung) mungkin opsi lebih murah daripada gula meja, tapi menurut studi substitusi gula ini justru buruk untuk kesehatan lho. Find out why.

    Menganggu Metabolisme Tubuh
    Corn syrup merupakan cairan yang tinggi fructose (gula alami yang biasa ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran) dan glucose (gula yang berasal dari karbohidrat) yang bila dikonsumsi berlebihan (terutama glukosa) justru akan berdampak buruk pada sistem metabolisme tubuh, mengurangi kepekaan insulin, serta menyimpan lemak yang berujung pada obesitas serta diabetes.

    Where to Find Them
    Sebuah program di National Geographic berjudul The People Who Makes Us Fat mengungkap fakta kalau corn syrup jadi salah satu dalang utama akan obesitas, dan untuk menghindarinya memang sulit lantaran sirup ini marak dipakai oleh produsen sebagai opsi bahan pemanis yang termurah. Coba cek rangkaian produk di supermarket dan Anda akan menemukan corn syrup (terutama High Fructose Corn Syrup) pada label minuman-minuman bersoda, jus buah, sereal, kue, crackers, selai, dan masih banyak lagi.





    How to Avoid
    Well, easier said than done. Setidaknya batasilah konsumsi produk-produk yang telah disebut di atas, tapi bila gaya hidup sehat adalah prioritas Anda, just avoid them, ladies! Urungkan niat untuk membeli produk yang menawarkan konten high fructose corn syrup (banyak pada minuman bersoda). Bila Anda sering membeli jus buah (note: fresh juices are waaay better) di supermarket larutkanlah dengan air untuk mengurangi kandungan sirup jagungnya. (Sahiri Loing / SW / Image: PRImageFactory / iStock / Thinkstock)