Better You

Manfaat Lebih dari Membaca Buku

  by: Silvya Winny       31/10/2015
  • Ah, tradisi baca buku tak dimungkiri kini kian terkikis dengan kehadiran internet. Padahal terdapat banyak manfaat yang dapat Anda raup dari membaca lho, lebih dari mengikuti jalan cerita tokoh utamanya semata. Here are several of them.

    Menambah Rasa Empati
    Yang terkadang Cosmo amati zaman sekarang semakin berkurang di kalangan anak muda. Hmm, coba deh baca Reading Lolita in Tehran karya Azar Nafisi atau Maryam karangan Okky Madasari atau kembali baca Laskar Pelangi untuk membangkitkan rasa empati Anda kepada mereka yang hidupnya mungkin kurang beruntung dari kita. Yup, membaca akan memberikan Anda perspektif yang berbeda. Menurut satu penelitian oleh York University, benar-benar “menenggelamkan” diri Anda dalam mengikuti kehidupan suatu karakter (walaupun fiksi) ampuh menguatkan kemampuan Anda untuk memahami perasaan orang lain. Bila si dia merasa canggung dengan sex drive Anda yang tergolong tinggi, well, sodorkan saja buku 50 Shades of Grey, honey.

    Membangun Koneksi
    Menyenangkan rasanya ketika menemukan seseorang yang memiliki selera atau hobi atau jalan cerita yang sama. The same thing can happen when you’re reading a book with a character that is similar to you. Menurut studi dari University of Buffalo, bila Anda mengalami hal tersebut Anda tak akan lagi merasa “sendiri” dalam hidup, bahkan Anda bisa melibatkan diri lebih dekat lagi dengan orang-orang di sekitar Anda. Bila saat ini Anda punya krisis “eksistensial”, coba deh baca Colorless Tsukuru Tazaki And His Years of Pilgrimage karya Haruki Murakami—it’s really good and eye opening!



    Memperbaiki Mood
    Well, asal jangan baca Gone Girl saja ya saat Anda sebenarnya lagi butuh ending yang menyenangkan. Dibandingkan karya seni lain seperti film, membaca buku akan memberikan Anda waktu lebih lama untuk memahami dan menyerap makna di balik kata-katanya, sehingga ampuh melanggengkan mood positif Anda. For fun—and light—reading, baca buku-buku Sitta Karina atau Yes, Please karangan Amy Poehler.



    Memberikan Inspirasi
    Menurut studi dari Ohio State University, membaca tentang kisah inspirasional seseorang dapat memotivasi Anda untuk mencapai tujuan hidup Anda sendiri. Cosmo sendiri kerap terinspirasi oleh buku-buku yang ditulis atau tentang tokoh wanita inspirasional, seperti I Am Malala mengenai sang gadis asal Pakistan yang gigih mengampanyekan hak edukasi untuk wanita, dan Bossypants karya komedian Tina Fey yang hilarious sekaligus inspiratif! (Sahiri Loing / SW / Image: Yulia-images /  iStock / Thinkstock)