Better You

Rutinitas Eco-Friendly dalam Kamar Mandi

  by: Silvya Winny       31/10/2015
  • Yup, Anda bisa memulai gaya hidup eco-friendly Anda dengan mengubah beberapa kebiasaan ritual di kamar mandi, so here’s how you start.

    Penggunaan Air Minimalis 

    Ini pastinya kerap Anda dengar: dengan beragam berita belakangan ini tentang kekeringan air di beberapa wilayah di Indonesia, do you really have the heart to waste water? Mulailah dengan “menetapkan” waktu mandi sehingga potensi boros air pun dibuat seminimal mungkin. Jennifer Aniston pernah mengatakan durasi total dia menggunakan shower dia hanyalah 2 menit jadi mungkin itu bisa jadi patokan Anda.



    Siram Dengan Bijak

    Perhatikan juga penggunaan WC karena tahukah Anda sekali flushing itu sebenarnya Anda menghabiskan sekitar tujuh galon air? Memang sulit untuk mengontrol soal ini, dear, tapi beberapa toilet model baru sudah didesain untuk meminimalisir pengeluaran air. Kalau punya Anda masih model lama, why not use the old-school way: tampung air di ember (bila tiba musim hujan siapkan selalu ember di luar untuk menampung airnya) lalu gunakan saat Anda membutuhkannya. Walau manual tapi efeknya sangat efektif, kok.

    Gunakan Perlengkapan Mandi Sampai Habis



    Terkadang kita cenderung membuang produk mandi yang tinggal sisa sedikittt lagi. Kalau menurut ritual Nadya Hutagalung, every drop matters. Mantan VJ MTV tersebut justru akan menambahkan air entah di botol sabun cair maupun samponya demi menghemat rangkaian produk yang dia miliki (FYI, menurut satu studi, rata-rata wanita memakai 12 produk kecantikan per harinya). Satu lagi tip simpel: bila Anda menggunakan sabun batangan, kumpulkan beberapa “sisa”-nya yang sudah menipis, tempelkan, dan, voila!, Anda memiliki satu set sabun yang bisa digunakan lagi.

    Produk Pembersih yang Eco-Friendly

    Oh, pastinya kamar mandi Anda adalah kamar nomor satu yang wajib tiap hari dibersihkan. Dan pastinya produk-produk andalan Anda adalah kimia-kimia yang memang efektif membunuh kuman dan bakteri. Well, walau efektif, semua cairan itu berpotensi mencemari lingkungan lantaran akan menyatu ke dalam air tanah. Better way: gunakan produk lebih natural dan aman seperti baking soda, cuka apel atau lemongrass oil untuk membersihkan serta memberikan aroma yang menyegarkan setiap kali Anda siap untuk me time di dalam kamar mandi. (Sahiri Loing / SW / Image: Alliance / iStock / Thinkstock)