Better You

Tips Ambil Foto Makanan Untuk Posting di Instagram

  by: Silvya Winny       29/10/2016
  • Oke, tak bosan-bosannya Cosmo memberi update terbaru soal tip fotografi. Saat mendapatkan tips baru, kami tidak menyimpannya sendiri tapi merangkumnya untuk Anda. Yup, untuk membuat Instagram Anda lebih menginspirasi dan memperlihatkan pada siapapun kalau Anda punya skill fotografi di atas rata-rata.

    Bertemanlah dengan Jendela
    Selalu ingat rumus ini saat mengambil foto: cahaya matahari yang natural adalah segalanya. Temukan spot yang menerangkan objek secara merata (bila memungkinkan) sehingga matahari tidak menyorot langsung ke makanan Anda. Apapun yang Anda lakukan, jangan sekali-sekalinya mengandalkan cahaya lampu di restoran, dan ugh flash. “Ini akan membuat makanan Anda terlihat gelap, flat, dan menyedihkan,” ujar Captain Ruby, seorang food photographer yang tenar di Instagram dengan @captainruby.

     

    @LaurenConrad-inspired shots...TGIF #LinkInBio #Delish #DamnThatsDelish



    A photo posted by Delish (@delish) on

     

    Perhatikan Arah Cahaya
    Cahaya terbaik menurut Ruby untuk memfoto makanan adalah bila cahaya itu datang dari kiri, kanan, dan belakang objek. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan dimensi yang lebih hidup dan tidak membuat objek terlihat flat.

     

    Libatkan Banyak Warna
    Pikirkan tentang bahan-bahan di piring Anda dan coba untuk “mainkan” mereka sebanyak mungkin. Perhatikan pula keadaan sekitar supaya punya kesempatan untuk berganti latar belakang. Tips lain lagi, letakkan kertas tisu berwarna di bawah piring sebagai hiasan. Atau bisa juga, tambahkan hiasan berwarna terang seperti alpukat, apel, dan banyak lagi. Saat mengedit, tambahkan saturasi untuk membuat warna-warna terang tadi terlihat popped! Tapi jangan terlalu lebay ya.

     

    BC IT'S 61 & ?? #ByeWinter #Delish #DamnThatsDelish

    A photo posted by Delish (@delish) on



     

    Stop Filter Berlebihan
    Banyaknya filter yang ditawarkan tak selalu membuat foto Anda jadi terlihat lebih baik. Terlihat gelap dan fake malahan. Coba bayangkan, mana ada blueberry smoothies yang tadinya ungu muda jadi terlihat kebiruan. Hiii ngeri!

    Pilih Aplikasi Foto Terbaik
    Beberapa favorit Cosmo adalah A Color Story, VSCO, dan Snapseed karena mereka menawarkan banyak kontrol selevel Photoshop saat mengedit. Coba deh  bereksperimen dengan beberapa aplikasi ini, mulai dari mencerahkan, tambah kontras, menajamkan (sharpening), cropping, sampai Anda nyaman dengan pengaturan tadi. Kalau sudah menemukan mood warna favorit, tetaplah menggunakan itu supaya feed Anda senada (layaknya @garypeppergirl).

    Lupakan Potongan Square
    Instagram sendiri sudah mendepak aturan ini sejak lama dan Anda masih bertahan juga? Buat apa mengurangi keindahan foto vertikal yang Anda ambil demi potongan square itu? Walaupun vertikal, feed Instagram tidak akan otomatis lagi memotong gambar indah Anda lagi, kok.

    Aduh, Anda lupa foto?
    … dan sudah mengacak makanan Anda? Tenang, Captain Ruby memberi tips, “zoom saja!” Tidak ada yang tahu kan kalau potongan pizza itu sudah tidak utuh lagi! (Silvya Winny / VP / Image: Rawpixel.com / Shutterstock / Clickphotos; dok. instagram @delish, dok. instagram @captainruby)
     

    Baca Juga:

    Tips Mendapatkan Banyak Like di Instagram

    Aturan Menggunakan Smartphone

    Inspirasi Foto Traveling yang Tak Biasa