Lifestyle

Switch Alpha 12, Notebook Hybrid Pertama dari Acer

  by: Silvya Winny       1/10/2016
  • Acer turut meramaikan dunia gadget dengan menghadirkan Switch Alpha 12, notebook 2-in-1 – atau notebook hybrid; yang bisa berfungsi sebagai laptop sekaligus tablet. Notebook ini merupakan produk premium pertama dari Acer.

     

    Laptop Tanpa Kipas



    Notebook satu ini berbeda dari keluaran lainnya. Tebak mengapa? Gadget terbaru ini hadir tanpa kipas! Sebagai gantinya Acer justru menggunakan teknologi barunya yang termutakhir, LiquidLoop, sebuah sistem pendingin yang mampu menstabilkan suhu mesin laptop tanpa kipas. Keuntungan lain dari LiquidLoop adalah laptop ini tidak menimbulkan bunyi bising ketika dinyalakan. Selain itu, LiquidLoop juga tidak membutuhkan ruang ventilasi seperti pada notebook lain, sehingga debu dan partikel kecil lainnya tidak masuk dan mengganggu performa mesin. LiquidLoop membuat Switch Alpha 12 menjadi laptop pertama yang hadir tanpa menggunakan kipas.

     


    Stylus Pen dan Keyboard Canggih

    Sebagai pelengkap fungsi tablet, Switch Alpha 12 juga menghadirkan stylus pen yang bisa didapat dengan cuma-cuma. Bentuknya cukup besar dan sangat mirip dengan pena sehingga nyaman untuk digunakan. Kelebihan pena ini, Anda bisa mengatur fungsi hover, serta mengubah thickness sesuai dengan tekanan pada layar.

    Tak hanya stylus pen, Acer juga dilengkapi dengan keyboard untuk melengkapi fungsi laptop. Dengan pin magnetik yang terdapat di sisi bawah, keyboard ini bisa dilipat seperti aksesori cover pada perangkat tablet dan dilepas-pasang dengan mudah. Keuntungan lainnya, keyboard ini juga memiliki fitur backlight untuk membantu di kondisi yang kurang cahaya.

     

    Layar Sentuh yang Lebar

    Acer Switch Alpha 12 menggunakan layar berukuran 12 inci dengan panel IPS dan resolusi qHD 2160 x 1440 serta didukung dengan mode pengoperasian layar sentuh, baik untuk fungsi laptop maupun tablet. Acer juga turut membenamkan beberapa fitur konektivitas berupa 802.11 AC dan Bluetooth v4. Acer juga menghadirkan USB port tipe C terbaru yang mutakhir.



     

    Tapi...

    Sayangnya, walaupun tingkat presisinya sudah jauh lebih baik, elektromagnetis pen masih belum maksimal sehingga fungsi drawing dan drag belum optimal. Tak hanya itu, jika ukuran layar diperkecil, ketebalan stylus pen pun mempersulit penggunaan pen.

    Selain itu, Anda juga mungkin membutuhkan converter jika masih menggunakan gadget dengan USB port tipe B yang memang masih banyak digunakan. Sayangnya, dengan bobot 1,25 kg, fungsi tablet mungkin akan kurang nyaman jika digunakan terlalu lama.

     

    Harga Fantastis

    Untuk daya tahan, laptop 2-in1 ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.870mAh dan diklaim dapat bertahan hingga delapan jam untuk menonton film Full HD secara terus menerus. Switch Alpha 12 juga menjadi notebook pertama yang menggunakan prosesor Intel Core i7 6500U – prosesor yang lebih canggih dibandingkan Intel Core M, dengan storage SSD 512 GB dan memory RAM 8GB yang dipasarkan dengan harga Rp19.999.000,-. Switch Alpha 12 juga hadir dengan varian lain, prosesor Intel Core i5 6200U dan storage SSD 256 GB serta memory RAM 4 GB, dengan harga Rp13.799.000,-.

    (Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Cosmo)