Better You

Saatnya Deteksi Dini Kanker Payudara Lewat Garda Medika

  by: Salsabila Praya       14/10/2016
  • Ladies, kanker payudara adalah salah satu penyakit mematikan dan banyak menyerang wanita. Tahukah Anda bahwa di Indonesia lebih dari 80% kasus kanker payudara ditemukan saat berada pada stadium lanjut?

    Itulah hasil data yang diungkapkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2015. Hal tersebut menunjukkan bahwa banyak wanita di Indonesia belum punya pengetahuan yang baik tentang kanker payudara, dan mungkin Anda salah satunya! Uh-oh.

    Pada 8 Oktober 2014 lalu, bertempat di RS Mitra Keluarga Depok merupakan kali kedua diselenggarakannya Garda Medika Octobreast Goes to Hospital. Masih dalam rangka mengajak para wanita peduli akan bahaya kanker payudara, roadshow ini kembali menghadirkan para survivor kanker payudara dari Lovepink serta dokter ahli sebagai narasumber.



    Roadshow Garda Medika Octobreast sendiri akan dilaksanakan kembali di Premier Bintaro (15 Oktober), Mitra Keluarga Kelapa Gading (22 Oktober), Bina Husada Cibinong (29 Oktober), dan Mayapada Tangerang (12 November).



     

    Pada kesempatan ini pula, Garda Medika mengajak Anda untuk melakukan deteksi dini melalui tiga cara, di antaranya dengan melakukan SADARI, USG Payudara, Mammografi. Well, salah satu hal yang bisa Anda lakukan sendiri adalah SADARI. Dengan melakukan SADARI alias periksa payudara sendiri, Anda bisa melakukan deteksi dini apabila terdapat perubahan pada payudara. So, let’s do these steps!

    1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.
    2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.
    3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada.
    4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan.
    5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter apabila hal itu terjadi.

    Selain melakukan hal-hal di atas, Anda pun perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, dear. Karena tanpa disadari kanker payudara terjadi lantaran Anda kurang menjaga pola hidup sehat. Kini Anda dapat dengan mudah menjalani pola hidup sehat hanya lewat genggaman, salah satunya dengan aplikasi Garda Mobile Medcare.

    Lewat aplikasi berbasis Android dan IOS ini, Anda tak hanya dengan mudah mengatur beberapa target seperti banyaknya makanan, air putih, kopi, dan teh yang ingin dikonsumsi langsung dari genggaman. Ada pula berbagai pandungan gaya hidup sehat melalui fitur-fitur yang ada. Lets get more healthy, techno-ladies! (Salsabila Praya / VP / Image: Dok. Cosmopolitan)