Better You

Makan Malam Bikin Gemuk? Ini Kata Cosmo!

  by: Hana A. Devarianti       10/10/2016
  • Anda pasti sudah tidak asing dengan anggapan kalau makan malam bisa bikin angka timbangan meningkat. Namun, apa iya hal tersebut benar? Dan apakah memungkinkan kalau tidak makan malam adalah cara diet yang manjur dan benar?

     

    Makan Malam Ternyata Tak Bikin Gendut



    Ternyata, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dear. Makan malam tidak selamanya membuat tubuh tambah gendut apabila Anda mengonsumsinya sebelum pukul 10 malam. Hal tersebut yang diungkapkan dalam sebuah studi yang dikeluarkan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2007.

    Penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan bahwa seseorang yang makan pada pukul 11 malam hingga 5 pagi akan lebih mudah naik berat badannya dibandingkan mereka yang tidak makan.

     

    Tapi Makan di Atas Jam 10 Tidak Baik

    Mengapa makan di atas jam 10 tidak baik? Kebanyakan orang makan pada jam tersebut bukan karena lapar tetapi lebih karena “ngidam” sehingga Anda cenderung akan makan terlalu banyak.

    Tidak hanya itu, mengonsumsi kudapan yang tinggi gula dan tinggi lemak seperti es krim atau keripik dapat membuat kadar gula darah meningkat. Ini kemudian yang dapat menyebabkan berat badan meningkat. Efek buruk lainnya adalah kebiasaan ini juga dapat menganggu tidur Anda.



     

    via GIPHY

     

    Pilihan Makanan Sehat Jika Lapar di Malam Hari

    Namun, jika memang Anda merasa lapar di atas jam 10 malam, usahakan memilih makanan yang memiliki protein tinggi. Alih-alih es krim atau keripik, coba konsumsi almond, yoghurt, atau sayur-sayuran. (Hana Devarianti/VP/Image: outnow.com, giphy.com)