Better You

7 Cara Tetap Semangat Tanpa Kafein

  by: Alvin Yoga       18/10/2016
  • Semangat menurun saat menghadapi deadline? Eits, jangan langsung membuat kopi, dear. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar tetap fokus sepanjang hari. Here they are!

     



    Berjemur di Pagi Hari

    Tak hanya tumbuhan, tubuh Anda juga butuh “berfotosintesis”. Buka jendela, dan biarkan sinar matahari menghangatkan tubuh Anda di pagi hari. Penelitian oleh Harvard University menunjukkan bahwa berjemur di bawah matahari saat pagi hari selama 15 hingga 30 menit bisa memberikan semangat untuk menjalani hari. Be brighter than the sun!

     

    Mandi Dengan Air Dingin

    Awali aktivitas Anda dengan mandi menggunakan air dingin selama dua menit. Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menunjukkan bahwa hal ini dapat membangkitkan dan memberikan energi pada tubuh Anda yang awalnya lesu dan mengantuk. Jika Anda tak terbiasa dengan air dingin, maka mulai dengan air hangat lalu turunkan suhunya perlahan.

     

    Tertawa

    Buka obrolan dengan the girls, balas godaan si dia, ikuti kuis-kuis Buzzfeed, atau tonton video menarik di YouTube. Lakukan apa pun yang bisa membuat Anda tertawa. Tertawa bisa menaikkan mood Anda sehingga membuat Anda bersemangat sepajang hari.

     

    Ganti Dengan Karbohidrat

    Sejujurnya, untuk mendapatkan energi yang cukup, Anda memerlukan karbohidrat, bukan segelas kopi. “Hanya kalori yang dapat memberikan energi nyata. Anda membutuhkan karbohidrat dan serat untuk mengontrol gula darah, ditambah protein, dan lemak sehat untuk membuat perut tetap kenyang,” ujar seorang ahli gizi, Keri Glassman, R.D..

     

    Tonton Video Kucing

    ...atau anjing. Studi yang dilakukan oleh Indiana University Media School membuktikan bahwa melihat atau mengamati binatang peliharaan seperti kucing atau anjing yang sedang melakukan hal-hal konyol dapat membuat emosi Anda menjadi positif dan memberikan energi lebih untuk bekerja.



     

    Mengunyah Permen Karet

    Studi yang dilakukan oleh St. Lawrence University di New York membuktikan bahwa orang yang suka mengunyah permen karet memiliki reaksi tubuh yang lebih cepat, perhatian yang lebih fokus, dan bahkan suasana hati yang lebih baik. Selain itu, gerakan mengunyah juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Hal ini membuat tubuh Anda tetap semangat dan produktif sepanjang tubuh.

     

    Mengecat kuku

    Menurut penelitian University of Rochester, melihat warna merah dapat memberikan Anda fokus, semangat, serta energi lebih meski sifatnya sementara. Warna merah juga bisa bisa meningkatkan kecepatan Anda bekerja. Cat kuku Anda dengan warna merah cherry untuk membantu Anda mendapatkan efek tersebut. Cara lainnya, hias meja Anda dengan sedikit pernik berwarna merah menyala yang dapat membuat Anda bersemangat.

    (Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Outnow.ch)

     

    Baca Juga:

    Psst, Ini Dia 5 Camilan yang Mampu Meningkatkan Semangat Kerja

    Mengembalikan Semangat Kerja yang Telah Hilang

    Berapa Cangkir Kopi yang Boleh Diminum Setiap Hari?

    Asupan Energi Bebas Kafein