Better You

Olahraga yang Sesuai Untuk Suasana Hati Anda

  by: Silvya Winny       22/10/2016
  • Dengan olahraga, tubuh Anda berkeringat, aliran darah ke jantung terpompa lebih lancar (dibandingkan pada saat diam), timbangan Anda pun tak mengenal kata yo-yo, dan tidak sedikit pula yang mengakui jika olahraga membuat pikiran jadi lebih tenang. Namun, dengan lari, boxing, yoga, angkat beban, kok tidak memperbaiki situasi mood Anda ya? Buat Anda yang mungkin bertanya-tanya, “memang ngaruh ya?”, dan jawabannya, ya olahraga memiliki manfaat yang luar biasa bagi mereka dengan kesehatan mental dan mood. Perhatikan beberapa olahraga berikut yang bisa dan perlu dilakukan sesuai dengan mood Anda.

    Jika Anda Sedang Kesepian
    Coba Olahraga: Olahraga Tim

    Mengapa?
    Bukan cuma membawa Anda ke tengah keramaian dan melibatkan diri di dalam komunikasi grup, penelitian juga membuktikan bahwa mereka yang ikut olahraga seperti bola voli, basket, sepakbola (dalam bentuk tim) mengalami peningkatan rasa percaya diri, kemampuan bersosialisasi dan lebih mampu membatasi kegalauan untuk tidak terjerumus dalam depresi.

    Jika Anda Mengalami Cemas Berlebih
    Cocok Olahraga: Yoga

    Olahraga yoga cukup mengesankan efeknya dalam mengurangi adrenalin dan jumlah hormon stres lain, namun juga meningkatkan level mood baik (serotonin) – yang mampu menciptakan ketenangan. Efek penenang itu mampu memberi dampak baik pada pikiran yang secara positif memengaruhi cara Anda mengontrol suasana hati. Ini juga yang membantu Anda melihat masalah dengan lebih santai, terutama jika menemukan hal yang di luar kendali Anda.



    Saat Anda Sedang Stres
    Cocok Olahraga: Boxing

    Saat meninju sebuah samsak, di waktu yang sama, otak memberi sinyal untuk menstimulasi hormon endorfin atau hormon happy  yang efektif meringankan stres dan memberikan “way out” untuk frustrasi dan kemarahan. Bayangkan karung pasir itu adalah masalah yang ada, dan pikirkan untuk meninjunya kuat sampai perasaan tenang muncul. Atau, bayangkan muka seseorang yang bikin Anda kesal. Kedengarannya cheesy, but it works.

    Ketika Anda Sedang Tidak Percaya Diri
    Cocok Olahraga: Angkat Beban

    Latihan resistansi sangat cocok untuk membangun rasa percaya diri karena memungkinkan Anda tidak hanya happy sekadar menyelesaikan satu set, tetapi juga untuk melacak latihan Anda – mulai dari melihat baik kemajuan secara statistik dan juga visual, yes, bentuk tubuh Anda maksud Cosmo. Jadi, selain tubuh bertambah kuat, sehat, juga lebih tepatnya melihat tubuh mampu mengangkat banyak dumbbell seperti itu, Anda pasti bangga.

    Saat Anda Sedang Depresi
    Cocok Olahraga: Jalan Kaki

    Jika ke luar dari kasur jadi tantangan besar buat Anda belakangan ini, berjalan adalah cara yang efektif untuk membuat tubuh Anda aktif bergerak tanpa mengerahkan banyak energi. Sifat aerobik saat sedang berjalan membantu tubuh melancarkan darah ke otak. Dan ketika kekuatan tubuh mulai terbentuk seiring waktu, cobalah latih diri untuk melakukan gentle jog. Ajak sahabat atau pria incaran yang memberi Anda motivasi lebih untuk ke luar rumah, apalagi di hari-hari Anda sedang tidak menginginkannya. (Silvya Winny / VP / Image: Jacob Lund / Shutterstock )

    Baca Juga:



    Olahraga Untuk Tubuh Seksi Seperti Beyonce!

    Jangan Konsumsi Ini Sebelum Olahraga

    Kurangi Rasa Stres Anda dengan 3 Olahraga Ini

    Bagaimana Bila Kekasih Semangat Olahraga Tapi Anda Tidak