Career

Kebiasaan Buruk di Kantor yang Bisa Menghambat Sukses

  by: Redaksi       24/10/2016
  • Saat mencapai kesuksesan adalah goal kehidupan karier Anda, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan buruk berikut yang mungkin saja kerap Anda lakukan. Warning, inilah beberapa kebiasaan buruk di kantor yang bisa menghambat Anda untuk promosi dan sukses.

    Mengisolasi Diri

    Anda tetrlalu fokus pada pekerjaan sehingga mengacuhkan orang di sekitar. Membangun komunikasi itu penting. Cosmo tak memaksa Anda untuk menyukai semua rekan kerja, tapi setidaknya dengan tampil friendly, menebar senyuman, dan menjaga eye contact bisa membangun semangat dalam diri sekaligus menciptakan networking yang baik dengan rekan kerja. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan turut serta pada kegiatan kantor atau lunch dengan rekan kerja untuk lebih mengenal lingkungan Anda.



    Menolak Tantangan Kerja

    Setiap kali si bos menunjuk Anda sebagai ketua tim satu proyek Anda lantas mengusulkan nama lain yang lebih kompeten. Saat Anda tidak mengambil kesempatan tersebut tandanya Anda sudah menghambat kesempatan diri untuk belajar lebih dan menampilkan yang terbaik. Kendati Anda meyakini ada orang lain yang lebih baik, coba untuk menerima tantangan tersebut dan mulai menunjukkan kemampuan yang Anda miliki pada rekan kerja juga sang bos.

    Kerap Bergosip

    Wajar jika sebagai manusia Anda selalu penasaran dengan segala update yang terjadi disekitar. Perlu diingat, kerap membicarakan orang lain atau hal lain yang bukan menjadi kapasitas Anda akan menghasilkan asumsi yang belum tentu pada porsinya. Dan kebiasaan ini jelas akan menganggu kinerja dan mengulik rasa penasaran berlebih yang tak baik dalam diri Anda. Hindari untuk bertanya pada hal yang terlalu personal yang bisa saja mengganggu kenyamanan rekan Anda dan lebih fokus pada urusan pekerjaan.

    Membiarkan Ruang Kerja Anda Berantakan

    Hal ini termasuk tak mampu menata tampilan desktop yang tak rapi. Hampir tak mungkin rasanya Anda bisa berkonsentrasi dengan baik dalam keadaan meja kerja yang penuh akan tumpukkan kertas, gelas kopi, juga alat tulis yang bertebaran di mana-mana. Keadaan lingkungan kerja Anda merepresentasikan pikiran Anda. So, cobalah untuk menjadwalkan atur tatanan meja dan desktop agar memberikan space lebih buat Anda bekerja lebih efektif.

    Tidak Membagi Ilmu



    Memang Anda membutuhkan strategi jitu untuk bisa mencapai puncak kesuksesan karier. Tapi bukan berarti pelit akan ilmu yang Anda miliki. Perlu diingat jika kesuksesan yang Anda capai kurang lebih berkat dukungan dari rekan kerja. So, saat Anda mau berbagi kemampuan, selain menunjukkan Anda memiliki kemampuan lebih yang patut dipertimbangkan, akan menciptakan lingkungan kerja yang positif untuk saling membantu sesama rekan.  (Irfina Indriyani / VP / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)

     

    BACA JUGA:

    Trik Sukses Dapatkan Promosi Jabatan

    Stuck Dengan Karier Anda? Saran Ini Bisa Membantu!

    10 Aturan Karier untuk Wanita Cosmo

    Ellyse Sinsilia Bicara Tentang Karier dan Social Media