Better You

Kenali Tipe Jerawat Anda & Cara Perawatannya

  by: Kezia Calesta       21/10/2016
  • Jerawat memang sebuah masalah kulit yang normal namun mengganggu. Apakah Anda tahu jenis-jenis jerawat yang biasanya Anda miliki? Simak penjelasan dan tips ampuh untuk menanganinya supaya wajah Anda tetap bersih!

     

    ilustrasi jenis jenis jerawat di wajah



     

    1. Whitehead (Komedo Tertutup)

    Whiteheads yang bermata putih adalah komedo tertutup yang timbul di bawah permukaan kulit ketika pori-pori tersumbat oleh lemak, minyak atau kotoran. Whiteheads yang berbentuk bulat dan kecil ini berwarna putih karena komedo tersebut masih dilapisi oleh kulit.

     

    Perawatannya? Pakailah sabun wajah yang lembut atau tea tree oil. Hindari masker wajah dan pembersih muka yang keras.

     

     

    2. Blackhead (Komedo Terbuka)

    Seperti whiteheads, blackheads adalah komedo yang muncul akibat penyumbatan pori-pori. Perbedaan blackheads adalah komedo tersebut terbuka dan terekspos udara, yang menyebabkan oksidasi minyak dan pengubahan warna komedo menjadi hitam.

     

    Perawatannya? Cucilah wajah dengan toner atau facial scrub dua kali seminggu, dan pore pack/strip untuk mencabut komedo dari hidung. Jangan memencet blackheads sendiri ya, ladies – kulit Anda bisa terkena infeksi dan meninggalkan bekas luka!

     

     

    3. Papule (Jerawat Papula)

    Ketika whiteheads atau blackheads mengalami iritasi, jerawat akan memerah dan membengkak menjadi papule. Papula yang meradang akan terasa sakit jika disentuh, meskipun tidak berisikan nanah.

     

    Perawatannya? Karena papula adalah jerawat yang sudah teriritasi, hindari pemakaian produk yang mengeringkan. Pakailah krim kortison atau kompres dengan es supaya whitehead bisa naik ke permukaan dan dikeluarkan.

     



     

    4. Pustule (Jerawat Pustula)

    Jerawat macam pustula seperti papula yang berisikan nanah. Pustula biasanya lebih besar dan terasa perih – dan sebaiknya tidak disentuh sampai sebuah whitehead muncul.

     

    Perawatannya? Ketika whitehead muncul di ujung pustula, Anda boleh mengeluarkan nanah yang terinfeksi dengan perlahan. Setelah nanah sudah dikeluarkan, keringkan jerawat dengan obat totol khusus yang antiseptik dan antibakteri.

     

     

    5. Nodule (Jerawat Nodul atau Kista)

    Jika wajah Anda dipenuhi jerawat keras yang lebih besar dari pustula, berwarna merah, dan tak kunjung hilang, kulit Anda sudah dalam kondisi yang tergolong cukup parah. Nodul atau bintil adalah tipe jerawat kering yang kerusakannya sudah merambat jauh ke dalam kulit, sama halnya dengan kista yang perbedaannya terisi penuh dengan nanah.

     

    Perawatannya? Saatnya berkonsultasi dengan dermatolog atau dokter kulit yang terpercaya untuk pengobatan yang lebih ampuh. (Kezia Calesta / VP / Image: doc. Romariolen / Shutterstock / Clickphotos / acne.com)

     

     

    BACA JUGA:

     

    5 Kesalahan Yang Dapat Memperburuk Jerawat

    4 Cara Tepat Menutupi Jerawat

    5 Obat Jerawat Paling Ampuh Versi Cosmo

    Konsumsi Makanan Ini Agar Kulit Bebas Jerawat