Fashion

Milan Fashion Week Spring/Summer 2017 Highlights

  by: Silvya Winny       24/10/2016
  • Milan Fashion Week adalah salah satu pekan mode yang paling ditunggu-tunggu, terutama karena unsur heritage yang masih sangat kental dan penuh dengan ciri khas. Untuk musim Spring/Summer ’17 pun banyak sekali kejutan yang segar dihadirkan oleh para desainer ataupun high-end brand. Simak rangkumannya:

     

    1. Gucci



    Semua mata penikmat mode sedang tertuju pada Alessandro Michele. Karyanya seringkali dicontek karena keunikannya. Apa yang dibuatnya dalam koleksi Spring/Summer ‘17 label Gucci kali ini? Tentunya tak membuat kecewa. Alessandro menggali efek kilau dengan serius dalam rancangannya. Material metalik, detail embellishments hingga sequins diaplikasikan di berbagai tempat sampai pada bingkai kacamata. Ornamen binatang juga kerap dikenakan di berbagai pakaian yang bernuansa abad ke-15. Suasana surreal sarat terasa, terlebih didorong dengan penataan ruangan dan lampu yang terinpirasi dari nightclub di tahun 70-an. Sekali lagi, Alessandro Michele berhasil mencuri perhatian dunia mode.

     

     

    2. Prada

    Jika Miuccia Prada seringkali secara konsisten mengangkat sejarah wanita dalam berpakaian, kali ini ia mengangkat gaya wanita pada masa kini dan memberikan bumbu elegan dalam koleksi terbaru Prada. Sementara kecintaannya pada corak vintage di era 20 hingga 30-an masih tetap dipertahankan, sang desainer mengambil garis rancang dan styling yang modern, dengan aksi tumpuk yang sangat fresh. Ornamen feather pada bagian tepi lengan baju maupun celana memberikan sweet surprise, selain juga penggunaan kerah cheongsam yang tak diduga-duga. Applause!

     

     

    3. Dolce & Gabbana

    Tentu saja, bukan show milik Dolce & Gabbana jika tidak disertai ambience yang “ramai” dan konsep yang matang. Kali ini suasana tropical diangkat dalam rancangan maupun dekorasi panggung. Permainan embellishments masih diutamakan, dalam palet segar dan khas musim Panas. Juga dileburkan dengan nuansa Renaissance atau royal yang tampil lebih seru. Selain mengundang 20 millennials dari Lucky Blue Smith hingga Cameron Dallas, Dolce & Gabbana juga menampilkan street dancers pada finale dengan nuansa Neapolitan.

     

     

    4. MSGM

    Penuh dengan ledakan warna. Begitulah deskripsi dari koleksi label MSGM di musim Semi dan Panas 2017 ini. Massimo Giorgetti selaku creative director menciptakan berbagai padanan busana yang tak biasa, dengan menginfusikan nuansa athleisure. Contohnya saja turtle neck dengan ruffles halter ataupun oversized shirt dengan tube top. Material jaring atau net menjadi favoritnya, dengan corak floral, stripes hingga argyle. Warna segar dan vibran dari poppy orange hingga electric blue membuat koleksinya tak mudah dilupakan.

     

     

    5. Marni

    Seakan tak peduli akan kebisingan yang terjadi di dunia fashion saat ini, Consuelo Castiglioni selaku creative director label Marni tetap mempertahankan ciri khas miliknya. Sederet pakaian dengan rona senada yakni broken white membuka fashion show musim ini. Siluet longgar dan potongan dekonstruktif tak mencegah unsur feminin terlihat kuat pada deretan koleksinya. Lengan ekstra panjang turut menjadi highlight yang Cosmo ramal akan booming di musim depan. Bravo!



     

     

    6. Versace

    Bagi Donatella Versace, glamor adalah kata kunci menunjukan kekuatan wanita. Namun pada musim ini, ia merayakannya lewat nuansa athleticism yang dibalut palet vibran nan kuat. Deretan supermodel seperti Naomi Campbell, Adriana Lima hingga yang tengah rising seperti Taylor Hill dan Gigi Hadid muncul dengan activewear seperti nylon parkas, body-con leggings dengan sporty T-shirts. Namun deretan gaun seksi membentuk siluet tubuh juga tetap menjadi keunggulan Versace. Semuanya hadir dalam presentasi runway dinamis dan tetap glamor. 

     

     

    7. Moschino

    Tentunya Anda tak bisa mengharapkan sesuatu yang biasa saja dari Jeremy Scott selaku creative director Moschino. Begitupun dengan koleksinya kali ini, yang memiliki makna dalam tentang pandangannya mengenai milennials. Kritiknya terhadap dunia yang berputar di social media, bahwa kita akan terbiasa pada tampilan 2 dimensi alih-alih 4 dimensi yakni kehidupan nyata, dituangkan lewat kreasinya. Berbagai model tampil bak paper dolls, dengan busana yang seolah-olah seperti 2 dimensi. Layaknya Barbie, para model mengenakan gaun malam dengan aksen ruffles dan bow yang semuanya merupakan ilusi dari gambar 2 dimensi. What a clever idea!

     

     

     

    (Nina Natasya / AP / Dok. Instagram)

     

    Baca juga:

    London Fashion Week Spring/Summer 2017 Highlights

    New York Fashion Week Spring/Summer 2016/17 Highlights