Better You

9 Cara Hilangkan Pikiran Negatif

  by: Alvin Yoga       26/10/2016
  • Menghadapi masalah rumit membuat Anda berpikiran buruk mengenai apa yang akan terjadi di masa depan? Worry less, dear, detoks pikiran Anda dengan tips berikut untuk menghilangkan pikiran negatif.

     



    Keluarkan Emosi Anda

    ... dengan melakukan suatu kegiatan, semisal pergi ke gym untuk meluapkan kekesalan, atau menyanyi di tempat karaoke. Survei yang dilakukan oleh American Psychological Association di tahun 2013 menunjukkan bahwa melakukan suatu kegiatan secara fisik bisa membantu Anda mengeluarkan pikiran negatif dan mengurangi stres. Bahkan menurut survei tersebut, jika Anda melakukan kegiatan tersebut bersama dengan sahabat, hasilnya akan jauh lebih efektif.

     

    Terima Diri Anda Seutuhnya

    Tak perlu terlalu kritis terhadap diri Anda sendiri, dear. Hal tersebut hanya akan memberikan pengaruh buruk seperti stres dan munculnya pikiran negatif. Terima diri Anda apa adanya, termasuk segala kekurangan Anda. Merasa rendah diri hanya akan menimbulkan mental resistance, yang akhirnya berpengaruh pada emotional discomfort.

     

    Tuliskan Perasaan Anda

    Tuliskan apapun yang Anda pikir dan rasakan di atas secarik kertas. Penelitian yang dilakukan oleh Dartmouth College Health di tahun 2008 menunjukkan bahwa rutin menuliskan kegundahan Anda di atas kertas dapat menghilangkan pengaruh buruk pikiran, mengurangi stres serta membuat Anda tidur lebih nyenyak. Tak pandai menulis? Tak apa, menggambarkan emosi Anda di atas kertas juga memberikan hasil yang sama efektifnya, kok.

     

    Ubah “Kehidupan” Sosial Media Anda

    Stop “mempercantik” penampilan Anda di sosial media dan berhenti mengikuti akun profil atau social feed yang hanya membuat Anda iri. Kedua hal tersebut hanya akan membuat Anda stres dan rendah diri. Sebaliknya, ikuti akun yang bisa memberikan semangat positif, seperti organisasi UNICEF yang membuat Anda “melek” dengan kondisi dunia saat ini, atau daftarkan diri di shinetext.com yang memberikan tips serta semangat baru setiap paginya. Start your day with good thought, dear.

     

    Berjalan

    Bangun dari kursi Anda dan berjalanlah. Atau jika Anda sedang berada di rumah, berjalanlah ke taman dengan pepohonan hijau yang rindang. Sadari setiap gerak kaki, dan hitung langkah Anda. Katakan pada diri Anda sendiri, “Semuanya akan baik-baik saja.” Menurut penelitian yang dilakukan oleh Univeristy of Exeter pada tahun 2015 lalu, berjalan sambil memotivasi diri sendiri dapat membuang pikiran negatif yang mencantol di pikiran Anda. Remember, everything's gonna be okay.

     

    Rearrange

    Ubah penampilan meja kerja Anda, atau furnitur di kamar yang memberikan pengaruh negatif. Semisal, apakah Anda pernah membeli pakaian tertentu hanya agar Anda terlihat seperti seseorang? Atau adakah benda di kamar yang Anda dapatkan di momen yang buruk? Jika ada, buang jauh-jauh hal tersebut dan gantikan dengan hal-hal yang bisa membuat Anda tersenyum dengan kenangan yang menyenangkan. Jika perlu, ubah keseluruhan penampilan meja atau kamar Anda agar terlihat fresh.



     

    Pelajari Hal-hal Baru

    Mudah saja, pilih buku yang menurut Anda menarik, lalu baca hingga selesai. Setelah itu, ingat kembali pesan moral apa yang bisa Anda dapatkan dari buku tersebut. Cara lain, tuliskan pertanyaan yang selama ini mengganggu pikiran Anda, lalu cari permasalahannya di internet. Belajarlah untuk terus mempelajari hal-hal baru yang bisa membuat pikiran Anda terbuka, dibanding terus memikirkan diri sendiri yang hanya berujung pada pikiran negatif. Ok, dear?

     

    Berhenti Lakukan Hal yang Tidak Anda Sukai

    Berhenti melakukan hal-hal yang membuat Anda kesal dan belajarlah untuk mengatakan tidak. Melakukan sesuatu karena terpaksa hanya menyiksa diri Anda sendiri. Berhenti pula mengatakan pada diri Anda bahwa hasil pekerjaan Anda kurang maksimal. Hal tersebut tidak memberikan sisi positif sedikit pun, hanya memberi kerugian berupa pikiran yang negatif.

     

    Traveling

    Bepergian dapat membuat pikiran Anda terbuka dengan segala budaya baru. Anda akan mempelajari kebiasaan serta nilai-nilai kehidupan baru di luar kehidupan “normal” Anda sehari-hari. Go and get lost! Hal tersebut akan membuat Anda merasakan bahwa masalah yang Anda hadapi hanya merupakan bagian kecil dari kehidupan. Siap membuang pikiran-pikiran negatif Anda sekarang?

    (Alvin Yoga / VP / Image: Outnow.ch)

     

    Baca Juga:

    Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghalangi Kebahagiaan Anda

    Kurangi 5 Kalimat Berikut Agar Anda Lebih Bahagia

    Pikiran Buruk? Pergi Jauh-jauh!

    Detoks Simpel Buat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia