Better You

15 Selebriti Wanita Dunia Penyintas Kanker Payudara

  by: Redaksi       26/10/2016
  • Di Amerika sendiri, ada sekitar 231.840 wanita yang terdiagnosa mengidap kanker payudara di tahun 2016 dan sekitar 2.350 pria pun mengidapnya menurut data dari National Cancer Institute. Melihat angka itu, tak heran jika di antaranya ada selebriti. Berikut beberapa nama selebriti yang pernah menghadapi perjuangan melawan salah satu penyakit paling mematikan di dunia tersebut: kanker payudara.

     

    1. Janice Dickinson



    Mantan supermodel, Janice Dickinson mengungkapkan kepada Daily Mail bulan Maret 2016 jika ia didiagnosa kanker payudara setelah dokter menemukan gumpalan sebesar kacang polong di dada kanannya. “Saat ditemukan dokter, saya jadi merasa sakit ketika menyentuhnya. Tapi saya tak akan membiarkan rasa takut ini. Saya akan melewatinya, dan akan baik-baik saja,” ungkap selebriti yang pernah menderita anoreksia, bulimia, ketergantungan alkohol, dan operasi plastik ini dengan tegar.

     

    2. Shannen Doherty

    Bulan Agustus 2015, Shannen mengonfirmasi kepada majalah People jika ia sedang menjalani perawatan untuk mengobati kanker payudara yang dideritanya. Berita ini justru terkuak saat TMZ memberitakan jika pemain serial TV Beverly Hills 90210 ini menuntut mantan manajer bisnisnya yang tidak membayarkan polis asuransinya yang menyebabkan polis itu terhenti ketika Shannen divonis mengidap kanker tersebut.

     

    3. Rita Wilson

    Aktris senior Rita Wilson mengatakan pada majalah People bulan April 2015 jika ia pernah menjalani operasi mastektomi ganda setelah didiagnosa mengidap invasive lobular carcinoma. Saat tes pertama dinyatakan negatif, istri Tom Hanks tersebut tetap merasa ada yang salah dengan dirinya dan ia pun melakukan pemeriksaan lain yang akhirnya menemukan jika apa yang ia rasa adalah kanker. Rita tidak memerlukan kemoterapi atau radiasi untuk masektomi yang ia jalani. Menurut V. K. Gadi, MD, seorang oncologist di Seattle Cancer Care Alliance, memiliki LCIS pada satu ayudara meningkatkan risiko untuk berkembangnya kanker apapun di kedua payudara.

     

    4. Giuliana Rancic

    Mantan host E! News ini bilang jika ia didiagnosa mengidap kanker payudara bulan Oktober 2011. Ia telah melakukan mammogram sebelum menerima perawatan kesuburan IVF ketika dokternya menemukan tumor. Ia pun akhirnya menjalani double mastectomy dan reconstructive surgery di bulan Desember 2011.

     

    5. Wanda Sykes

    Komedian Wanda Sykes menemukan jika ia mengidap kanker payudara stadium 0 saat memeriksakan diri tahun 2011. Dan karena ia memang memiliki sejarah kanker dari garis ibu, ia pun menjalani operasi masektomi ganda sebagai tindakan pencegahan. Wise step for your health, Wanda.

     

    6. Christina Applegate

    Aktris Christina Applegate didiagnosa mengidap kanker ini di usia 36 tahun bulan April 2008. Saat menghadiri talk show Oprah Winfrey tahun 2008, ia mengungkapkan jika itu adalah salah satu pengalaman paling emosional yang pernah ia alami, tapi juga memberikannya kesempatan untuk berjuang sekuat tenaga karena telah mendeteksi dini tanda-tandanya.

     

    7. Sheryl Crow

    Sheryl adalah salah satu penyintas yang aktif di gerakan deteksi dini kanker payudara. Tahun 2006, ia didiagnosa dan menjalani lumpectomy serta perawatan radiasi. Menurut wawancara yang dilakukannya dengan CNN.com tak ada tanda atau gejala yang ia rasakan, tapi kanker tersebut baru terdeteksi setelah ia menjalani mammogram.

     

    8. Cyntia Nixon

    Didagnosa tahun 2006, ia lalu menjalani lumpectomy dan 6,5 minggu terapi radiasi menurut laporan Fox News. Cyntia yang juga seorang ibu ini juga tergabung dalam organisasi Susan G. Komen untuk mengedukasi wanita di seluruh dunia tentang bahaya kanker payudara.

     



    9. Olivia Newton-John

    Penyanyi dan aktris di film Grease ini didiagnosa kanker payudara tahun 1992 setelah melakukan pemeriksaan sendiri dan pemeriksaan lanjutan oleh dokter. “Saya merasa ada yang aneh, dan saya memang memiliki benjolan sebelumnya, hanya kali ini insting saya berkata lain,” ungkapnya. Ia tak menceritakan kisahnya ini untuk menakut-nakuti orang tapi untuk memberikan informasi jika kita semua memang harus mengenal tubuh dan mempercayai insting. Good point, Olivia.

     

    10. Kylie Minogue

    Penyanyi cantik asal Australia ini didiagnosa tahun 2005, diikuti dengan serangkaian operasi dan kemoterapi. Awalnya ia mendapatkan diagnosa yang salah yang mengatakan jika ia sehat. Ia pun mencari opini kedua karena merasa menemukan benjolan di dadanya, dan baru pemeriksaan kedua ketahuan jika ia memiliki tumor. Sejak sat itu, Kylie menyarankan banyak wanita untuk lebih waspada terhadap setiap pemeriksaan yang dilakukan.

     

    11. Dame Maggie Smith

    Ketika aktris senior ini didiagnosa dengan kanker payudara tahun 2008, ia bersikeras tetap ingin menyelesaikan shooting film Harry Potter and the Half-Blood Prince sebagai Professor McGonagall. Setelah gumpalan di dadanya diangkat, Maggie menjalani perawatan kemoterapi dan radiasi saat shooting film tersebut.

     

    12. Angelina Jolie

    Angie mengguncang dunia ketika ia mengaku ingin menjalankan operasi double mastectomy begitu ia tahu jika ia membawa gen BRCA1 yang merenggut nyawa ibunya di usia 56 tahun. “Saya berharap jika banyak wanita yang melihat manfaat dari pengalaman saya,” ungkapnya. Ia pun menjalani operasi tersebut tahun 2013.

     

    13. Sharon Osbourne

    Istri rockstar Ozzy Osbourne ini memilih untuk melakukan tindakan preventif double mastectomy tahun 2012 karena ia tahu jika ia membawa gen kanker dari garis keluarganya. “Segera setelah saya tahu jika saya memiliki gen pembawa kanker payudara, saya langsung tahu apa yang harus saya lakukan. Saya pernah memiliki kanker sebelumnya (red. kanker colon) and I didn't want to live under that cloud,” ungkapnya dalam sebuah wawancara.

     

    14. Nina Simone

    Nina yang dikenal dengan suara raspy-nya dan pandangan politik yang tegas ini menderita kanker payudara selama beberapa tahun hingga kematiannya di usia 70 tahun 2003 lalu.

     

    15. Andien Aisyah

    Dari dalam negeri, penyanyi cantik Andien Aisyah terang-terangan memngungkapkan kisahnya ketika pertama kali didiagnosa mengidap kanker payudara. Sejak saat itu, Andien menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga makanan yang ia konsumsi dan berolahraga. “Dulu saya pernah kena kaker payudara pas kelas 2 SMA. Akhirnya makin ke sini, pola hidupnya makin sehat," kata Andien seperti Cosmo lansir dari dream.co.id. (Vidi Prima / Image, video: doc. Instagram @theshado @giulianarancic @kylieminogue @sherylcrow @andien ,Youtube ABC News)

     

    BACA JUGA:

    5 Cara Rayakan Bulan Peduli Kanker Payudara

    Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara (Dilengkapi Gambar)

    Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Kanker Serviks