Better You

Berapa Lama Waktu Tidur Ideal yang Anda Butuhkan?

  by: Muhammad Hafizh       16/10/2016
  • Berapa lama sih waktu tidur ideal yang seseorang butuhkan? Kenapa kita justru merasa makin lelah setelah tidur lebih dari sembilan jam, atau kadang lebih bugar walau tidur hanya enam jam?

    Sebuah studi terbaru menunjukkan sebuah korelasi antara lamanya waktu tidur Anda dengan efek negatif yang timbul terhadap fungsi otak. Seperti dilansir oleh The Daily Mail, ilmuwan dari Universitas London menemukan bahwa sebanyak delapan persen orang yang secara konsisten tidur lebih dari waktu yang direkomendasikan (red. enam hingga delapan jam sehari) memiliki performa lebih rendah dalam beberapa tes kognitif. Lebih menakutkan lagi, otak akan mengalami penuaan hingga tujuh tahun jika Anda tidur lebih dari delapan jam sehari secara reguler. Jangan heran ya jika Anda sering merasa kelelahan setelah menghabiskan akhir pekan dengan tidur hingga sepuluh jam.

    So, what's the perfect number? Ilmuwan dari Universitas London mengatakan bahwa waktu tidur ideal adalah sekitar tujuh jam. Subjek penelitian yang tidur dengan lama waktu seperti direkomendasikan peneliti mendapatkan nilai lebih tinggi dari semua tes kognitif yang diadakan oleh mereka. Tetapi sebuah studi yang diadakan oleh Universitas Pennsylvania, seperti dilansir oleh New York Times, menemukan bahwa subjek yang tidur delapan jam sehari memiliki konsentrasi lebih baik.



    Banyak penelitian yang telah diadakan, tetapi Cosmo merekomendasikan Anda untuk memilih waktu tidur selama 8 jam sebagai batas aman. Waktu tersebut cukup untuk membuat Anda tetap tampil fabulous, berkonsentrasi sepanjang hari, dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang. (Edited by Vidi Prima / Image: doc. Outnow.ch)

     

    BACA JUGA:



    Tip Hilangkan Kantuk Saat Puasa

    Hal-Hal dalam Karier yang Merusak Jam Tidur

    Cara Tidur Ternyata Menentukan Karakteristik Hubungan

    Lakukan Ini Ketika Anda Kurang Tidur