Beauty

Urutan Memakai Perawatan Kulit yang Benar

  by: RedaksiCosmopolitan       20/10/2016
  • Anda pasti pernah memiliki kebingungan dalam memilih urutan pemakaian skincare. Mana yang lebih dulu, serum atau pelembap wajah? Mana yang paling dibutuhkan oleh kulit Anda? Berikut Cosmo merangkum jenis perawatan yang terbaik untuk kulit Anda, dan kapan menggunakannya.

    PAGI HARI


    1. WASH UP
    Gunakan pembersih lembut bebas detergen untuk menghilangkan kotoran dan bakteri pada wajah Anda. Langkah ini penting karena meskipun kulit tidak terpapar polusi saat tidur, namun masih terdapat sisa-sisa sebum yang harus dibersihkan.



     


    L'Occitane Reine Blance Illuminating Foaming Cleanser, 200ml, Rp510.000,-.

    2. PAT DRY
    Keringkan wajah Anda dengan handuk bersih agar tidak ada sisa air yang menempel sedikitpun.

     

    via GIPHY


    3. BANISH OIL
    Untuk yang memiliki kulit berminyak atau mudah berjerawat, Anda bisa menggunakan cleansing pad atau toner dengan bahan glycolic dan salicylic acids untuk menyegarkan wajah atau menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Jika tipe wajah Anda kering hingga sensitif, gunakan toner yang tidak mengandung alkohol dan memiliki formulasi lembut.

     

    Bravura Revitalising Ginseng Toner, Rp400.000,-.


    4. RESTORE
    Dengan menggunakan jari manis, aplikasikan krim mata untuk kulit di bawah mata Anda agar terhindar dari lingkar gelap bawah mata maupun kerut halus. Anda tidak ingin memilikinya, bukan?

     

     

    SK-II R.N.A Power Eye Cream, Rp1.268.000,-


    5. BOOST IT UP

     

    Lanjutkan dengan serum yang digunakan dengan gerakan memutar ke atas, dimulai dari leher hingga kening. Hal ini berguna untuk menjaga kulit tetap kencang dan leher tidak merasa ‘diabaikan’.

     

     

    Shiseido White Lucent Micro Targeting Spot Corrector - 30ml, Rp1.600.000,-

    6. REPAIR


    Lalu aplikasikan moisturizer atau light cream yang sesuai dengan jenis kulit dengan cara yang sama seperti menggunakan serum.

     



    Laneige Water Bank Gel Cream_EX, Rp450.000,-

    7. PROTECT
    Terakhir dan yang paling penting, jangan pernah tertinggal untuk mengenakan tabir surya! Pilih sunblock dengan SPF di atas 15 dan PA+++ untuk perlindungan dari matahari yang maksimal. Dan selalu gunakan untuk mengakhiri perawatan wajah, kalau tidak justru akan mencegah produk lain untuk meresap ke kulit.

     

    Clarins UV Plus Anti-Pollution Day Screen Multi-Protection SPF 50/PA+++, 30ml, Rp750.000,- 

    MALAM HARI
    1. REPEAT

    Seperti halnya perawatan wajah pada pagi hari, selepas aktivitas, ulangi rangkaian perawatan wajah tersebut pada malam hari. Tentu saja, Anda tak harus memakai tabir surya dan gantikan serum dengan aplikasi produk yang sedikit lebih intens.

    via GIPHY


    2. REJUVENATE
    Gunakan serum dengan retinol atau peptides pada bagian pipi, kening dan dagu. Serum tersebut akan bekerja mencegah adanya keriput dan tanda-tanda penuaan pada saat tidur. Namun jika Anda memiliki kulit berminyak, cukup gunakan serum (atau produk lain) dengan retinol tidak lebih dari 2-3 kali seminggu karena dapat membuat wajah Anda kering.

     

     

    Kypris Moonlight Catalist, price upon request.


    3. LOCK IT IN
    Lapisan terakhir dari rangkaian perawatan wajah di malam hari tentu saja adalah moisturizer yang baik. Pelembap akan membantu mengunci kandungan serum dan membantu penetrasi ke bagian terdalam kulit Anda. Pilih yang berkualitas dan dengan kandungan antioksidan, atau gunakan face oil yang tidak membuat kulit wajah jadi terasa berminyak!

     

     

    Diptyque Infused Face Oil, price upon request at Papilion Duo.

    (Trisna Anggraini, Arinda Christi/Image: Courtesy of Clarins, Kypris Beauty, Bravura London, Diptyque, Laneige, Shiseido, SK-II, L'Occitane, BeautyStockPhoto/ShutterStock/ClickPhotos)

     

    BACA JUGA:

    Solusi Membersihkan Wajah Paling Efektif Masa Kini 

    Perawatan Paling Tepat untuk Kulit Sensitif

    Hindari 3 Kombinasi Skincare Ini!

    Teknik dan Manfaat Ice Facial